Senin, 01 Juni 2020

Keajaiban Omjay Hasil Ngeblog


Belajar Menulis
Hari, tanggal  : Senin, 1 Juni 2020
Waktu : 19.00-21.00
Narasumber : Bapak Wijaya Kusumah, S.Pd., M.Pd

KEAJAIBAN OMJAY  HASIL NGEBLOG


Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah, setelah lama kita berlibur berkumpul dengan keluarga dalam suasana Hari Raya Idul Fitri, kita kembali lagi ke rumah kita di grup Belajar Menulis bersama Omjay.  Marilah kita mengenal profil beliau.  

Omjay nama aslinya Wijaya Kusumah, S.Pd.M.Pd.  Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1970.  Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Teknik Elektro (1990-1994).  Telah menyelesaikan S2 pada Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Pasca Sarjana UNJ (2007-2010) dan akan melanjutkan pendidikan S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana UNJ.  Aktivitasnya sebagai Trainer, Teacher, Blogger, Fotografer, Motivator, Pembicara Seminar, Workshop PTK, dan Praktisi ICT. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat di foto kegiatan atau blog Omjay. Hubungi via WA atau SMS 08159155515.


Omjay menceritakan bahwa keempat buku ini adalah hasil dari menulis di blog.Banyak orang tidak tahu bahwa menulis buku itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu beliau menulis setiap hari di blog. Dengan begitu beliau bisa membuat buku dari hasil menulis di blog. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tema inilah yang malam ini akan beliau berikan dari wa group gelombang 1 sampai 12 secara online di wa group. Menerbitkan buku dari hasil menulis di  blog.

Buku hasil Omjay menulis di blog akan kita kupas satu persatu sejak awal penulisan sampai penerbitan buku.

Pertama, Buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger
Buku catatan harian seorang guru blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Buku ini dikerjakan dengan sangat teliti oleh Pak Sukarno yang menjadi editornya. Selama pengerjaan buku tidak pernah satu kali pun kami bertatap muka. Pak Sukarno mengerjakannya di Semarang. Sedangkan Omjay ada di Bekasi. Kami berkomunikasi hanya lewat wa saja. Tulisan diambil dari kisah nyata Omjay yang ditulis di blog kompasiana.com/wijayalabs.

Kedua, Buku Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa
Buku melejitkan keterampilan menulis siswa diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku ini adalah hasil penelitian tindakan kelas atau PTK yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Berkat PTK ini, Omjay mendapatkan laptop baru dan uang jutaan rupiah. Omjay dapat terbang ke Bali gratis naik pesawat Garuda Indonesia dan menginap di hotel bintang 5.
Awalnya Omjay tidak tahu kalau hasil PTK bisa dijadikan buku berISBN. Setelah belajar sama Pak Lukman di Jawa Timur lewat online, Omjay menjadi tahu ilmunya. Ibu Hati di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja Omjay senang sekali karena belum punya pengalaman sama sekali menulis buku dari hasil PTK. Alhamdulillah buku itu jadi dan banyak yang memesannya.
Berkat kejuaraan membuat laporan PTK, Omjay dapat hadiah kuliah singkat ke China University of Mining Technology atau CUMT. Omjay belajar steam di sana dan saat pulang membawa uang 21 juta. Bukan hanya uang tapi juga segudang pengetahuan baru yang akan Omjay terbitkan dalam buku baru. Sekarang sedang dikerjakan prosesnya di Penerbit Camp Pustaka Yogyakarta.

Ketiga, Buku Blogger Ternama
Buku Blogger ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan.Buku ini diterbitkan oleh Pak Wiranto dari Penerbit Camp Pustaka. Isinya kisah nyata Omjay menulis di blog dan menjadi blogger ternama.
Lewat buku ini Omjay mengajak kawan-kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual. Jadi tidak mengajari guru cara membuat blog. Sebab cara membuat blog dapat dengan mudah kita dapatkan di google.com dan youtube.com. Banyak orang baik yang sudah menuliskannya di internet.

Blogger ternama ditulis dari kisah kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa. Bahkan berkat rajin menulis di blog,  Omjay diundang keliling Indonesia dan diajak makan siang di Istana Negara bersama Presiden Jokowi.
Itulah keajaiban ngeblog yang mengantarkan Omjay menjadi blogger ternama. Bahkan Omjay bisa mengajak istri untuk honeymoon gratis ke Singapura gara-gara menulis di blog. Hal itulah yang ingin Omjay tularkan dalam buku ini.
Bukan menularkan virus Corona tapi menularkan virus ngeblog di kalangan guru Indonesia. Dengan begitu para guru menjadi blogger ternama dan menjadi guru blogger Indonesia.

Keempat, Buku Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi
Buku menulislah setiap hari adalah buku pertama kali yang Omjay terbitkan di penerbit mayor. Perlu waktu 3 tahun menerbitkan bukunya. Omjay masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor. Namun Omjay tak pernah putus asa. Buku ini bisa terbit berkat jasa Mbak Abdah Khan. Berkat beliau buku itu menjadi enak dan renyah dibaca.
Kemudian buku itu diterbitkan oleh Penerbit Indeks Jakarta dengan editor Mas Yuan Acita. Sampai sekarang Omjay belum pernah bertemu orangnya. Kabarnya beliau ada di Padang. Berkat tangan dingin beliau, buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Berkat buku ini, Omjay membeli rumah baru. Tidak besar tapi cukup untuk berlibur bersama keluarga di Wanaraja Garut Jawa Barat.

Pesan apa yang ingin Omjay sampaikan malam ini?
Omjay ingin menyampaikan kepada kawan kawan guru bahwa kolaborasi itu penting. Keempat buku yang Omjay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerlukan waktu dalam proses editingnya. Hal ini kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi buat kawan guru yg menulis hanya untuk kenaikan pangkat.
Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukan sekedar menambah point untuk kenaikan pangkat saja.

Demikian tadi paparan kisah Omjay menerbitkan keempat bukunya.  Sekarang kita memasuki sesi tanya jawab.

Om Jay..mohon dong berbagi, begitu besar perjuangan Om Jay dalam menghasilkan sebuah karya besar, bagaimana langkah Om Jay untuk bisa mengarungi dan meraih keberhasilan dan kesuksesan yg Om jay telah raih?
I Nengah Suradnya asal sekolah SMPN 1 Banjarangkan Klungkung Bali
Berbagi itu tidak pernah akan rugi.  Kita bisa berbagi ilmu lewat blog di internet.  hal itulah yang Omjay lakukan selama 11 tahun.  Orang tahu Omjay dari tulisan Omjay di blog.  
Kesuksesan itu butuh proses.  Ibarat bertani.  Kita akan menghasilkan padi yang bagus kalau prosesnya bagus.  Ingat selalu ilmu padi.  Kian berisi kian menunduk.  Mulailah menulis dari apa yang kita sukai dan berusaha sekuat tenaga untuk fokus.  Bila mengirim tulisan ke penerbit ikuti aturan penerbit yang dituju.  Jadikanlah menulis itu sebuah kebutuhan, bagaikan kegiatan makan sehari-hari.  Berlatihlah menulis 3 paragraf dengan rajin.  Perbanyak membaca buku best seller orang lain.  Bergabunglah dengan kelas menulis adalah salah satu cara untuk mempercepat membuat buku.  Banyaklah membaca, awas rabun membaca lumpuh menulis.  Tulis apa adanya sesuai yang dialami.  

Kesimpulan materi malam ini adalah menulis dan menerbitkan buku butuh kolaborasi. Penulis tidak bisa bekerja sendiri. Butuh orang lain yang baik hati seperti editor yang menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Diminta atau tidak diminta. Blog harus kita isi dengan tulisan yang menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta.

Saya telah membaca dan memiliki buku Catatan harian seorang guru blogger dan Menulislah setiap hari.  Senang rasanya memiliki buku ini.  Dari segi bahasa, buku Omjay menggunakan bahasa yang renyah sehingga cepat meresap ke jiwa. Saya sebagai penulis pemula belum banyak buku yang saya lahap.  Membuat blog saja baru seumur jagung.  Melalui Grup Belajar Menulis ini banyak inspirasi dan motivasi kekayaan yang saya dapatkan.  Kaya ilmu, kaya pengetahuan, kaya keterampilan, dan bertambah kawan.
Saya teringat pesan Pak Agus dalam blognya literasikangagus, setialah untuk selalu menulis.  Supaya kita bisa menulis dan memberi manfaat untuk orang lain. Berawal dari membaca maka kita akan mendapatkan inspirasi untuk menghasilkan sebuah tulisan.  Ayok teman-teman bersemangat membaca dan menulis.

Demikian resume kuliah menulis malam hari ini.  Semoga bermanfaat.

23 komentar:

  1. Mantul.lengkap.slm kenalampir bun cakinin.blogspotcom

    BalasHapus
  2. Mantul sekali. Jadi malu resumku hanya sekelumit curahan kata hati selama mengikuti kuliah on line bersama omjay.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah,bagus sekali terulah menulis jangan pernah berhenti jadi lah penulis yang selalu di hati

    BalasHapus
  4. Sangat ingin mengikuti jejaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari bersama majukan pendidikan Indonesia

      Hapus
  5. Mantap,ok mari belajar menulis.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah bagus sekali

    BalasHapus
  7. Terimakasih Bu,,, tulisannya mantap, memotivasi untuk terus menulis...

    BalasHapus

Penyaluran Sedekah Air Bersih

  Penyaluran Sedekah Air Bersih Selasa, 19 September 2023 PD Salimah Purbalingga bersama Laziz Jateng bekerja sama menyelenggarakan kegiatan...