Jumat, 26 Juni 2020

"Ngobras" Bersama Pak Dedi Dwitagama


"NGOBRAS"  BERSAMA PAK DEDI DWITAGAMA


Rabu, 24 Juni 2020 kembali kupersiapkan untuk mengikuti belajar menulis yang dimotori oleh Omjay. Pertemuan malam ini kita ditemani narasumber yang berprofesi sebagai guru yang mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta.  Beliau adalah Bapak Dedi Dwitagama yang memiliki karakter serius tapi santai,  selalu fokus pada tujuan yang akan dicapai. Bagi yang mau kenal wajah silahkan klik.  Perjalanannya dari Sabang hingga Merauke dan beberapa negara di dunia, bisa kita lihat di blog dokumentasinya.   Profil Pak Dedi  lebih lengkapnya bisa disimak di blog.  
Bagi yang suka fotografi, melalui  instagram 
Untuk penggemar youtube,melalui link ini.  Pak Dedi juga ngeblog di kompasiana



Pengertian Blog
Blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang.  Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut dengan cakupan orang sedunia

Blog pertama Pak Dedi  tahun 2005 masih tayang hingga saat ini http://dwitagama.blogspot.com
Pada tahun 2007 Pak Dedi hijrah ke wordpress, https://dedidwitagama.wordpress.com.
Sungguh pencapaian  sangat luar biasa, dilihat hampir dua juta kali dengan pengunjung hampir 600.000.  Postingan terakhir beliau tentang balita yang sudah pandai merokok, termasuk di depan ibu dan adiknya, ini adalah kondisi yang memprihatinkan sebagi potret wajah Indonesia.


Manfaat Blog
Manfaat blog buat Pak Dedi yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat-rapat di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun seperti keranjang yang saya titip di dunia maya.
Pak Dedi memiliki  hobby fotografi dan mendokumentasikannya pada blog khusus https://fotodedi.wordpress.com, sejak zaman belum ada instagram.

Pak Dedy pindah platform Blog dari blogger ke wordpress?  Tahun  2007 wordpress muncul, seperti pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, sekarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone.
Pak Dedi menulis kapan saja saat ide muncul, saat ini beliau sering menulis saat menunggu anak di lokasi parkir sekolahnya, sambil mendengarkan musik di mobil, menulis dengan HP dan tak perlu diedit, langsung ditayangkan.  Umumnya beliau hanya menulis 3 alinea.
Supaya tidak mengalami kebuntuan dalam menulis, tipsnya adalah  berusaha makin sering menulis, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan.  Selain itu sering berkunjung ke blog teman sebagai pembanding.  Upaya lainnya adalah kita membalas komentar pembaca blog kita, hal itu akan meningkatkan motivasi dan menambah insprirasi menulis.  Oleh sebab itu beliau jarang membuka group WA, lebih senang membuka portal resmi yang minim hoax, jarang ngerumpi, lima belas menit sebelum absen pulang beliau berusaha posting tulisan atau menjadwalkan untuk terbit minggu depan. Trik supaya blog kita banyak followernya adalah kita follow blog orang dan dia jadi follow kita.  Temanya di blog kebanyakan tentang pendidikan tapi tidak menutup kemungkinan jika ada ide tentang apa saja, beliau akan menulis dan mengupload.
Kita juga boleh mendokumentasikan sebuah tulisan yang sama ke dalam lebih dari satu blog pribadi.  Misalnya tulisan yang  ditulis di blog.spot, diisi juga di wordpress.  Karena blog itu seperti majalah atau rumah kita, apapun boleh kita isi.  Lain halnya  jika kita memiliki blog di kompasiana.com sebaiknya kita posting di kompasiana dulu baru kita  kopi paste di blog lainnya.  Hal ini disebabkan karena kompas punya sistem yang bisa tahu tulisan kita sudah tayang di tempat lain dan itu bisa membuat kita disuspen. Syarat menulis di kompasiana adalah kita hanya mempersiapkan email, mengisi bio data,dan terakhir  memasukkan foto dan identitas lain.

Tulisan di blog yang sudah kita buat bisa dijadikan sebuah buku.  Caranya kita mengumpulkan tulisan dari blog, dikelompokkan tulisan berdasarkan tema.  Setelah itu dikonsultasikan dengan editor atau pihak penerbit.  Anda akan mendapat saran dari mereka agar buku anda menarik buat dibaca. Kriteria suatu buku dinilai menarik itu sangat subjektif.  Kita bisa menempatkan diri kita sebagai pembaca buku yang kita tulis.Lalu diamati apakah tulisan kita menarik atau tidak, jawablah sendiri secara jujur.  Cara memunculkan tulisan yang menarik perhatian yakni dengan menulis langsung ide tulisan anda pada kalimat pertama, setelah itu lanjutkan dengan uraian yang diperlukan, sertakan foto dan video supaya lebih bagus.  Kita gunakan kalimat ringkas yang membuat pembaca ingin melanjutkan hingga habis artikel, misalnya: "Apa komentar kamu melihat meja belajar di sekolah banyak coretan dan tembok jalan yang kamu lewati banyak coretan seperti dua foto di atas?" silahkan liat posting lengkapnya di https://dedidwitagama.wordpress.com

Kita sebagai guru idealnya semua  kegiatan sekolah harus didokumentasikan.  Kadar penilaian yang biasa-biasa itu kan menurut kita tapi buat orang lain di tempat lain bisa jadi luar biasa.  Hal ini seperti Anda membuang gelas air kemasan yang dianggap tak bernilai, tapi buat pemulung itu luar biasa, bisa menyambung hidupnya.

Kesimpulan resume kali ini yakni manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.  Ibarat peribahasa gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama.  Kita mencoba untuk selalu menulis dalam kondisi apapun, walaupun awalnya terpaksa nanti lama kelamaan akan menjadi terbiasa.

4 komentar:

Penyaluran Sedekah Air Bersih

  Penyaluran Sedekah Air Bersih Selasa, 19 September 2023 PD Salimah Purbalingga bersama Laziz Jateng bekerja sama menyelenggarakan kegiatan...