Sabtu, 27 Juni 2020

Kisah Guru Ngeblog di Wordpress


KISAH GURU NGEBLOG DI WORDPRESS


Menulis di blog adalah suatu keterampilan.  Tidak banyak orang yang terbiasa menuangkan ide pikirannya di blog.  Namun kita tahu bahwa melalui blog maka banyak orang yang akan menikmati tulisan kita dibandingkan hanya menulisa disimpan di laptop.


Malam ini kita akan mendapatkan pengetahuan baru dari narasumber yang luar biasa.  Semoga kawan kawan dapat mengambil pembelajaran yang berharga malam ini.  Narasumber kuliah belajar menulis ini bernama Bambang Purwanto, S.Kom, Gr.  Beliau kerap dipanggil Mr.Bams. Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung telah disandangnya.  Prestasi yang lain adalah Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019 (peringkat 6 besar) mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur.

Sebelum menjadi guru beliau sempat bekerja di Konsultan dan diterima sebagai tenaga administrasi, mengoperasikan komputer diperusahaan konsultan pemetaaan.
Tahun 2008 beliau diterima di SMP Taruna Bakti.  Selain mengajar beliau diminta juga membimbing ekstrakurikuler blog tetapi memakai multipy.  Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi, akhirnya berpindah hati ke wordpress. Mungkin berjodoh sehingga tidak memilih blogspot.

Mr. Bams senang dunia menulis. Karena sejak tahun 2003 sebagai pendongeng juga, maka sebagai sumber mendongeng harus banyak membaca buku. Tahun 2011  membuat Taman Baca di rumah sendiri.  Berkat ketekunannya Mr. Bams berhasil mengukir prestasi SMP Taruna Bakti tahun 2019 mendapatkan Juara Literasi Katagori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit.  Di sekolah pun sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah , membaca lima belas menit sudah menjadi budaya.  Saat itu beliau sebagai Ketua Tim Literasi. Berikut adalah contoh blognya.

Tujuan Membuat Blog
1. Malu sebagai guru TIK tidak punya blog
2. Malu sebagai penggiat literasi tidak punya blog
3. Berbagi pengalaman
4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
5. Menghasilkan rupiah

Apa saja isi dari blog
1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah puisi
2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi.

Wabah Covid-19 menuai berkah
Gara-gara Covid beliau memberanikan membuka kelas blog. Siapa inspirasinya ? Om Jay dan Kang Encon. Beliau perhatikan polanya dan cara mengelola kelas online di WA.  Hasilnya adalah terlahir:
1. Kelas Blog Pemula sudah 4 angkatan, Angkatan 5 akan mulai 13 Juni
2. Kelas Blog Lanjutan sudah 1 angkatan, Angkatan 2 akan mulai 18 Juni
3. Kelas Blog Utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja)
Apakah gratis ?  Memang belum bisa seperti Omjay, semua memang ada rupiahnya, akan tetapi harga terjangkau. Bila dibandingkan harga pasaran di internet, jauh.  Bisa kita simak di sini.

Dalam grup belajar menulis maka kita semua harus menghasilkan karya sebuah buku.  Inilah hasil karya beliau .

Semoga pengalaman yang saya sampaikan hanya setetes embun dipagi hari. Masih banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermafaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun. Di kelas blog pemula belajar 2 materi ) membuat blog dan belajar posting.  Beliau mendirikan kelas blog tidak semata-mata untuk mencari rupiah.  Atas dasar senang membahagiakan oraang lain. Jika kita melakukan kebaikan, maka akan datang kebaikan.
Menulis di blog bisa dimana saja, ada blogspot ada wordpress, ada juga yang di web. Menulis dimana pun bagus, tergantung selera dan kebiasaan. Boleh mempunyai dua blog asalkan bisa dikelola dengan baik. Pengelolaan dua blog dibutuhkan kedisiplinan dan latihan yang tekun. Bila latihan pasti bisa. Jadi sekali lagi kita kembalikan kepada penggunanya.  Mr Bams pernah mengalami kendala saat ngeblog, kadang jaringan sedang tidak bersahabat, padalah kita mau posting.  Selain itu kehabisan ide, solusinya dengan membaca ke taman baca atau perpus pribadi.

Dalam mengelola blog ada hal yang positif yakni hidup merasa tertantang untuk bisa mengisi blog setiap harinya. Apalagi sudah punya target.
Menu penamrbams.id
Pagi >>> Berita
Siang >>> bebas, kadang posting kadang tidak (mulai besok ada tampilan baru, tunggu aja)
Malam >>> Tulisan Sebelum Tidur

Cara blog ramai dikunjungi
1. Tergabung dengan komunitas (seperti grup menulis ini, ada 12 grup)
2. Sering memperkenalkan blog kita kepada yang lain, bisa di WA, FB, IG
3. Rajin berkunjung ke blog yang lain
4. Buatlah blog kita untuk membantu orang lain

Manfaatnya
1. Sederhananya blog bisa menyimpan tulisan kita, tetapi bisa dibaca oleh banyak orang. Beda kalau tulisan disimpan di laptop, komputer bahkan buku.
2. Melatih menulis, jadi terbiasa menulis.
3. Membangun kepercayaan diri melalui tulisan

Blog menghasilkan rupiah
Blog bisa kita jadikan sebagai ajang untuk promosi barang.  Ada gambar makanannya, ada harganya, ada cara pesannya. Apabila punya keahlian mengajarkan tari, kita posting tentang tari ada videonya lalu dipromosikan alamat blog kita ke media massa.

Kita akan memosting tulisan di 3 blog maka tentukan posting yang utama. Misalnya di blogspot, maka saat posting di wordpress, diakhir halaman bisa dijelaskan dengan tambahan kalimat :
_Tulisan ini pertama posting di ........blogpost.com.

Macam-macam blog berdasarkan biaya.  Untuk jenis blog berbayar biasanya memiliki fasilitas yang berbeda. Pilihan blog berbayar ini karena ingin terlihat penampilannya berbeda.Tapi bagi kita guru, kita bisa mengoptimalkan yang ada, tidak harus pilih berbayar. Kecuali memang ingin menaikkan kelas.  Pengalaman Mr. Bams , saat di wordpress namanya bepenamrbams.wordpress.com (namanya panjang), namun  saat beliau memakai web maka nama bisa yang kita inginkan penamrbams.id (menjadi lebih pendek).  Tetapi beliau masih menggunakan wordpress saat untuk mengelola penamrbams.id

Membangun blog memang tidak mudah. Yang kita lakukan sudah benar, yaitu dibentuk adanya komunitas. Makanya di penamrbams.id sengaja ada kumpulan link blog (blogspot, wordpress, web blog), tujuannya agar bisa saling berkunjung. Maka silaturahim terus dibangun.

Bila kita seorang guru, buatlah materi dan tugas di blog kita, maka pasti banyak pengunjung ke blog kita. Kemudian tulislah tidak hanya materi dan tugas. Akan tetapi yang lainnya kita tuliskan, agar menjaring pembaca. Tetap semangat, menulislah untuk membahagiakan yang lain, maka kebahagiaan akan datang tak tertahankan.

Bila tulisan kita sudah ada di blog, ikhlaskanlah. Karena bila sudah dipublish, tidak lagi hanya milik kita. Akan tetapi kita sebagi blogger yang baik, bila mengambil sumber dari yang lain sebaiknya link/URL nya disebutkan juga, sebagai penghargaan kepada pemiliknya, atau penulisnya. Menabung yang baik adalah dengan memberi.

Sejarah Menjadi Pendongeng
Mr.Bams sangat senang dengan anak-anak. Saat isteri sedang mengandung, beliau sangat senang mengajak bicara saat Salwa didalam kandungan. Nah karena senang anak, beliau pertama kali mendongeng bulan April 2003. Salwa lahir bulan Maret 2003.  Sehingga MrBams mengambil  nama pendongeng  adalah Ayah Salwa.  Beliau menjadi pendongeng tetap di Dinas karena ada hubungan dengan TBM juga.  Hal ini sudah dilakukan sejak 2013 mendongeng di Kabupaten Bandung, hingga kini masih berjalan. Mr Bams dalam mendongeng selain belajar sendiri, terus berlatih juga kepada Kak Agus DS, Kak Andi Yudha, Kak Eka Wardhana. 

Untuk pengelolaan TBM sudah tersedia buku-buku untuk Anak TK-SMA dan yang berkunjung adalah warga setempat, sekolah di sekeliling, bahkan ada yang beda kecamatan. Ada juga anak yang berjalan kaki butuh waktu 2 jam pulang pergi, dengan tekad kuat ingin membaca buku dan meminjam buku.

Kesimpulan
1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.
2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.
3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.
4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan.

Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang zaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyaluran Sedekah Air Bersih

  Penyaluran Sedekah Air Bersih Selasa, 19 September 2023 PD Salimah Purbalingga bersama Laziz Jateng bekerja sama menyelenggarakan kegiatan...