Sabtu, 09 Mei 2020

Proses Penerbitan Buku Ajar


PROSES PENERBITAN BUKU AJAR


Pertemuan siang hari ini, Jumat 8 Mei 2020 Omjay menghadirkan narasumber dari penerbit ANDI bernama Bapak Joko Irawan Mumpuni.
Profil beliau :
  • Direktur Penerbitan Penerbit ANDI 
  • Ketua I, IKAPI DIY, 
  • Penulis Buku bersertifikat BNSP
  • Asesor BNSP.  
  • Kita bisa menghubungi beliau di Email jmumpuni@gmail.com
  • Web www.andipublisher.com




Di awal pemaparan Pak Joko memberikan motivasi menulis kepada peserta.  Kita  seharusnya mempunyai motivasi yang kuat untuk menjadi penulis, jadi jangan hanya di grafik bawah tetapi betul-betul di level paling atas. 
Menurut James A. Michenen mengungkapkan “I`m not a verygood writer, but I`m an excellent rewritter”.  Kebanyakan penulis menghasilkan tulisan dari hasil menuliskan kembali ide dan gagasan orang lain dengan perspektif yang berbeda.
Proses di penerbitan seperti ekosistem dengan alur empat pelaku penerbitan.  Di dalamnya ada empat stakeholder yaitu penerbit, penyalur, pembaca, dan penulis.



Langkah-langkah pengajuan naskah
Kelengkapan naskah dalam soft copi
a)      Daftar isi
b)      Gambar dalam format JPG dengan resolusi 300dpi
c)      Kata pengantar
d)     Naskah lengkap
e)      Daftar pustaka
f)       Sinopsis

Proses pembuatan sinopsis
1)      Buatlah sinopsis buku berisi
a)      Konten buku secara singkat
b)      Prasyarat untuk membaca buku
c)      Konsumen siapa yang dituju
d)     Dibuat cukup 1 paragraf
2)      Tentukan tujuan penulisan buku dengan cara membuat kerangka karangan, agar :
a)      Ada pembatasan materi
b)      Menjaga alur materi, menghindari penambahan materi yang tidak perlu
3)      Buatlah tujuan manfaat buku ini jika dibaca oleh pembaca
a)      Sasaran pembaca
b)      Prospek pasar
4)      Apa keunggulan buku ini dilihat dari sudut pandang penulis
a)      Mencari sumber buku pesaing
b)      Apabila ada, maka bisa dituliskan judulnya untuk informasi buku pesaing yang pernah terbit
5)      Tulis profil penulis
a)      CV singkat penulis, kompetensi
b)      Latar belakang pendidikan
c)      Unit kerja
d)     Ditulis cukup 1 paragraf

Proses pengajuan naskah
Proses penerbitan naskah yang sudah jadi dan dikirim ke penerbit akan dicetak menjadi  buku melewati proses yang panjang. Proses pertama yang akan dilakukan oleh penerbit adalah menilai naskah tersebut untuk diputuskan apakah naskah tersebut bisa diterbitkan atau tidak.


Penulis sudah menyerahkan softcopy naskah lengkap maka selanjutnya penerbit langsung bisa memprosesnya. Yang pertama adalah mengedit naskah tersebut meskipun ditulis oleh para penulis dan sudah diedit dengan teliti.  Tetapi kami akan tetap exhibition yaitu dari sisi bahasanya.  Setelah diedit maka proses berikutnya adalah di setting.  Proses setting itu dilihat dari ukuran berapa, ada hiasannya atau tidak, kemudian tebalnya, fondasinya. Setelah di setting sekaligus secara paralel, dari penerbit  ada tim yang lain untuk membuat cover buku.  Tentunya cover  buku itu didesain sesuai dengan target marketnya.

Ciri-ciri buku yang memiliki peluang pasar yang besar
Naskah seperti apa yang akan diterbitkan?
a.    Tema tidak populer, penulis populer
b.    Tema tidak populer, penulis tidak populer
c.    Tema populer, penulis populer
d.   Tema populer, penulis tidak populer
Buku akan dicari oleh pembaca jika isi buku tersebut tergolong memiliki tema populer yang menjadi trending topik dan dibutuhkan masyarakat. Kita bisa mengecek tema populer melalui pencarian dari google trends.  Di sana akan tampil tema tertentu dan akan kelihatan grafisnya cenderung naik, cenderung turun.  Jika di grafik level yang atas berarti pasarnya stabil.  Jika  semakin turun biasanya penerbit akan berpikir dua kali untuk menerbitkan buku-buku yang temanya tidak ada trennya sama sekali.  Jadi ada baiknya sebelum kita menulis buku melihat di google trend dan jangan hanya berpeluang satu bulan.  Untuk buku-buku pelajaran selama kurikulumnya itu tidak diganti maka buku itu tetap laku dan rutin laku tiap tahun di awal semester.

Sebelum naskah diterbitkan, penerbit akan melakukan penilaian terhadap naskah-naskah yang masuk. Ada 4 macam bobot penilaian :
a.       Editorial bobot 10%
b.      Peluang potensi pasar 50%
c.       Keilmuan 30%
d.      Penulis 10%
Penerbit juga akan menilai bobot penulis.  Apakah penulis ini memiliki komunitas, media sosialnya bagus, pengikut di blognya banyak, di face book menjadi admin dengan ratusan pengikut. Hal ini akan menjadi pertimbangan penerbit untuk menerbitkan buku karena pasti memiliki peluang pasar yang besar.

Oplah buku


Proses penerbitan tidak bisa terlepas dari proses jumlah cetak yang sering disebut dengan istilah oplah.  Besaran oplah tergantung pada buku tersebut masuk di kuadran mana.
1.      Kuadran pertama : Market sempit dan lifecycle panjang
Penerbit tidak akan rugi tetapi lakunya tertunda karena buku itu akan laku sepanjang masa meskipun diupdate, tidak direvisi bahkan ketika penulisnya sudah meninggal pun,buku akan tetap laku. Contoh-contoh buku tipe ini adalah buku-buku ilmu murni matematika dasar, fisika dasar, kimia.
2.      Kuadran kedua : Market lebar dan lifecycle panjang
Penerbit paling menyukai buku tipe ini.  Karena buku buku semacam itu laku setiap saat dan jumlahnya besar.  Misalnya buku komputer, ensiklopedi tokoh dunia.
3.      Kuadran ketiga : Market lebar dan lifecycle pendek
Buku-buku ini tergantung perkembangan teknologi seperti buku informatika.  Meskipun hari ini diterbitkan dan ternyata bulan depan ada rilis baru, maka buku itu harus direvisi.  Tetapi kalau sudah terlanjur cetak, biasanya buku itu akan dimusnahkan supaya tidak menimbulkan biaya gudang yang tinggi.
4.      Kuadran keempat : Market sempit dan lifecycle pendek
Penerbit tidak akan menerima naskah yang isinya berupa berita mingguan maupun harian.

Gaya selingkung


Gaya selingkung yang digunakan penerbit dapat menetapkan lebih dari satu pengutipan dan penulisan daftar pustaka sesuai dengan lingkup bidang penerbitannya. Bisa menggunakan American Language Association (ALA) maupun Harvard Style (HS). Gaya pengutipan dan penulisan daftar pustaka harus diterapkan secara konsisten setiap terbitan.
Ada beberapa naskah yang  dikembalikan ada juga yang  diterima oleh penerbit.  Penerbit akan memberi tahu bahwa naskah tersebut akan kami terbitkan.  Oleh karena itu penerbit memberikan surat pemberitahuan bahwa naskah tersebut akan diterbitkan.  Selanjutnya penerbit meminta softcopy dan penulis atau kelompok penulis diminta untuk menandatangani surat perjanjian. Pada tahap ini penerbit pasti menunggu sampai naskah dalam bentuk softcopy dikirim penulis dan diterima oleh penerbit.

Naskah dame
Setelah naskah selesai diedit, disetting lalu dibuatkan cover.  Kemudian naskah akan dicetak satu seperti buku yang seolah-olah akan  terbit.  Naskah ini disebut dengan naskah prof atau dame. Naskah dame tersebut dikirimkan kepada penulis untuk dikoreksi akhir supaya tidak ada kesalahan fatal jika dicetak secara masif. Diharapkan naskah dame ini tidak berubah total karena akan memakan waktu yang lebih lama buku itu akan terbit.  Padahal kadang-kadang buku itu sudah dinanti oleh calon pembaca untuk membelinya. Itu yang jadi sulit oleh karena itu kalau mengirimkan naskah sebaiknya naskah yang sudah jadi dan  sudah dipertimbangkan masak-masak.  Jadi jangan sampai setelah disetting dan sudah bercover ternyata dirombak total, itu akan menyulitkan bagi penerbit.

Indikator keberhasilan penulis
Indikator penulis berhasil menerbitkan buku yaitu :
  1.  Penulis  mendapatkan kepuasan yang sangat dalam karena bukunya bermanfaat bagi orang lain.
  2. Mulai naik reputasinya. Penulis  dikenal oleh orang-orang di seluruh Indonesia dan dunia.  Website nya mulai banyak dikunjungi, mulai banyak orang bertanya kemudian di sosial medianya mulai dikenal banyak.
  3. Karirnya meningkat bisa menaikkan pangkat
  4. Mendapatkan royalti

Keberhasilan menulis buku tidak hanya berhenti sampai terbit dan terpajang di toko buku.  Tetapi buku laku keras sehingga penerbit dan penulis akan sama-sama mendapatkan royalti.  Jika hanya berhenti di pajangan maka akan mendapatkan kerugian. Royalti   diterimakan setelah buku itu terbit diedarkan enam bulan pertama, enam bulan kedua, dan seterusnya.  Royalti itu diberikan kepada penulis per semester.  Perlu adanya kerja samanya penulis dengan penerbit supaya buku itu secepat mungkin terbit sehingga penulisnya secepat mungkin bisa terima royalti.    Penerbit tidak  mau jika mencetak buku dan hanya berhenti di gudang. Padahal proses cetak membutuhkan modal yang besar, sehingga buku dicetak sesuai dengan peluang pasar.

Model kerja sama penulis dan penerbit ANDI


Pengalaman penerbit ANDI naskah masuk setiap bulan sekitar  400-500 naskah, sedangkan yang diterima hanya 50-60 judul.  Ini artinya hanya sekitar 10% naskah yang diterbitkan.  Sisa naskah akan ditolak dan dikembalikan ke penulis.
Model kerja samanya ada 4 macam.
  1. Kerjasama reguler (artinya naskah belum tentu diterbitkan tergantung penilaian dari penerbit)
  2. Kerjasama MoU antar lembaga
           Contohnya kerja sama penulis buku informatika PGRI.
·         Naskah ada jaminan pasti diterbitkan
·         Logo lembaga dicantumkan di cover sekaligus sebagai promo
·       Meningkatkan rangking Webometric kampus karena buku tersebut akan diupload di googlebook
·         Wajib dipakai/dibeli kampus minimal 300 eksemplar.
           3. Kerjasama perorangan 
               Digunakan oleh seseorang yang ingin menaikkan golongan kepegawaian ataupun menerbitkan             buku ajar untuk dijual di kalangan sendiri.
           4. Program ANDI Pro Literasi
         Program ini untuk meningkatkan literasi Indonesia.  Proses penerbitan non reguler yang akan               menerbitkan naskah penulis berlatar belakang apapun.
         Keunggulannya :
·         Menerbitkan jenis buku dengan tema apapun
·         Jenis naskah yang terbit bisa berupa buku ajar, novel, dsb
·         Waktu pengerjaan lebih cepat dan fleksibel
·         Naskah akan diterbitkan dengan ISBN berupa buku cetak dan elektronik
·         Harga lebih terjangkau
·         Kualitas buku sesuai dengan standar yang ada
·         Royalti penjualan e book tidak sebesar penjualan buku cetak
·         Besaran harga program ini sejumlah Rp 10.000.000,00

Pak Joko menutup pemaparan materinya dengan memperlihatkan fotonya Imam Al Ghazali.  Beliau paling suka menyampaikan hal ini berulang kali untuk calon penulis dan para penulis.  Khususnya untuk mengingatkan diri sendiri.  Imam Al Ghazali  mengatakan “bila kau anak raja juga bukan anak ulama besar maka menulislah”,  supaya hidup ini lebih mulia untuk sesama.  Beliau menyampaikan terima kasih atas  pertemuan kali ini dan akan sangat senang jika diajak bergabung kembali dalam tema-tema yang lain seputar penerbitan. 

Berikut ini sesi tanya jawab narasumber dengan peserta.

Saya guru geografi, blogger jg. Tahun lalu pernah terbitkan buku ajar SMA scara  indie. Kalau saya mau coba terbitkn mayor apakah isinya harus dirubah atau boleh sama seperti yg diterbitkan sblumnya?
Kalau buku itu sudah pernah meiliki ISBN berarti buku itu sudah legal terbit, nah kalau diterbitkan kembali makan itu namanya CETAK ULANG, kalau akan diterbitkan sebagai buku baru maka harus direvisi total..
Assalamualaikum Om Joko
yg budiman, perkenalkan sy Syukri dari SMAN UNGGUL Dharmaraya Padang, yang saya  mau saya tanyakan :
1. Seperti apa itu naskah dan apa aja isinya.
2. Seperti apa penulis pemula yg dilirik oleh penerbit mayor.
3. Mohon om joko ulas sedikit tentangvgaya selingkung..
Sekian wasalam
Jawaban
2. Penulis pemula yg dilirik penerbit mayor adalah  penulis yang punya naskah bagus yang marketeble.
3.Untuk gaya selingkung, akan saya emailkan detailnya ya OM, mohom alamat emailnya..

Assalamualaikum pak Joko saya Rita dari Kab. Jembrana Bali, senang sekali bisa mendapatkan materi dari bapak , yang ingin saya tanyakan dari pemaparan bapak ada slide yang menyebutkan 4 kriteria naskah yang utama di terbitkan yaitu tema populer dan penulis populer, sedangkan untuk tahap sekarang kami masih berada di penulis yang belum populer.pertanyaannya
1.            Apa yang harus kami lakukan agar tulisan kami bisa diterima di penerbit ANDI
2.            Jenis tulisan seperti apa yang penerbit ANDI inginkan
Jawaban
1. Keduanya Populer (thema, nama penulis) tapi salah satu saja nggak papa, oleh karena itu tulislah buku yang themanya populer dan dibituhkan masyarakat banyak.
2.ANDI menerbitkan thema apa saja asalkan kami perkirakan buku itu akan laku

Ini sangat menarik Bapak.
Harapan penerbit adalah penulis mendapat untung sebesar-besarnya. Ini persis sama dengan harapan penulis.
Bagaimana agar tulisan/ naskah kita bisa diterbitkan oleh Andi? Apakah tulisan tentang kegiatan menulis (kumpulan materi/resume) bisa diterbitkan Andi? Terima kasih.
Isminatun, Sukoharjo
Jawaban
Model tulisan itu bisa saja diterbitkan, tetapi sangat tergantung dari kumpulan tulisan apa, resum tentang apa dari forus apa?, dari situ harus bisa disimpulkan kalau buku itru kan laku.

Nama: Herlina Dwi Kurnia
Pertanyaan: Apakah setiap buku harus dicetak atau cukup pemasarannya secara e-book?
Jawaban :Saat ini dua-duanya, cetak dan ebook..

Fatimah S.S.i Alhamdulillah terima kasih banyak atas ilmunya, bagaimana dengan nasib naskah naskah yang tidak Lolos saat di nilai, terimakasih
Jawaban
Nasibnya akan tragis jika penulisnya putus asa  jangan putus asa ya, terus komukasi dengan penerbit manapun agar ada solusi naskah itu tetap terbit..

Saya bu Beni dr Bojonegoro, terima kasih atas pencerahannya terkait penerbitan buku, mohon membagi pengalaman di forum ini, utk buku pelajaran Bhs.Inggris ... gambaran konten seperti apa yang paling laris? Selain syarat harus sesuai silabus tentunya, terima kasih
JAwaban
TOEF, dan sejenisnya, atau buku bahasa inggris untuk profesi tertentu..

Pertanyaan lanjutan om. Agnas. Kan kontrak saya dengan penerbit indie tidak dilanjutkan. Kalau misal saya mau masuk ke mayor, apakah nnti di penerbit mayor itu akan cetak ulang atau di aturan harus direvisi total?. Kalau total itu 100% isinya memamg harus baru at bagaimana ya?
Jawaban
Kalau cetak ulang maka harus ada surat pengakhiran kontrak dengan penerbit lama, jika revisi total bis dengan penerbit baru dengan kontrak baru..

Assalamualaikum
Terimakasih Bpk, materinya sangat menarik. Saya Munandar, dari Kab. Sumba Timur.
Saya pernah diminta oleh penerbit melalui teman saya untuk membuat buka bank soal matematika SMP, sistemnya jual putus. Jadi saya hanya mengirimkan softfile nya saja, dan ternyata tidak dicetak biodata saya sebagai penulis.
Pertanyaan:
Apakah saya dpt mengirimkan draf itu kembali ke penerbit lain?
Jawaban
selama tidak ada perjanjian yang mengikat dengan pihak manapun bisa diterbitkan oleh penerbit mana saja. Sayang sekali ya naskah kok dijual putus, semoga harganya layak ya..

Selamat siang pak,terimakasih penjelasan materinya tentang penerbita buku ajar,bagaimana dengan RPP? Rencana pelaksanan pemvelajaran,apakah bisa diterbitkan juga, karena kk sebelumnya itu ada kurikulum 75 itu dulu bnyk,yg KK 13 ini masih belum banyak,apakah ada peluang? Terimakasih,Lusia Curup,Benkulu.
Jawaban
RPP biasanya dibagi gratis ke guru yang telah memakai buku pelajaran utama, tentunya grtais dari penerbit yang buku utamanya dipakai.

Assalamualaikum pak joko
Andy Muhtadin Beltim-Babel Bertanya
Nah kami ini menulis dri nol, didunia maya tulisan nol,grup ada tpi sedikit, riwayat menulis no, memang layak dpt nol. Tetapi kira2 seberapa peluang penulis pemula dpt bertahan di posisi ini, tolong tipsnya agar dpt terus naik tangga kesuksesan?
Jawaban
Jangan selalu diposisi Nol ya Pak, dulu semua penulis hebat mulai dari Nol, yang membuat mereka berhasil karen apantang putus asa, dan tidak berhenti menulis. penting bergaulah dengan penerbit sehingga tahu apa yang dimaui penerbit.. Semangat..

Dwi Mulyanti Dr. SMKN 1 Kademangan
Pertanyaan saya
Dunia wirausaha saat ini sedang trend,namun anak2 kami yg SMK ini belum besar motivasinya
Kira2 materi atau naskah tulisan yang menarik untuk kalangan remaja usia SMK ini apa ya pak? Biar mereka makin tertarik dengan wirausaha
Terimakasih pak
Jawaban
Buku kewirausahaan untuk SMK sudah banyak kita temui termasuk dari Penerbit ANDI, namun buku buku tersebut diterbitkan sesuai dengan kisi kisi kurikulum yang tidak ada unsur motivasi sebagai wira usaha. Nah akan sangat baik jika ibu nulis buku pengayaan untuk SMK yang berisi motivasi menjadi pengusaha.

Slamat Sore, Bpk. Joko Yth. di proses awal pengiriman naskah, apa saja yang terkandung dalam naskah yang terkirim ? apakah hanya beberapa bagian atau utuh seluruhnya. proses penilaian naskah perlu waktu brapa lama ? Trima kasih.
Jawaban
Tidak usah lengkap dulu gpp. Daftar isi, Sinopsis dan dua bab awal sebagai contoh. dikirim berupa hardcopy ya..

7 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih Omjay sudah memberikan narasumber yang TOP BGT

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih ...saya masih perlu banyak membaca membaca menulis lagi

      Hapus
    2. Terima kasih sarannya..masih perlu banyak membaca dan latihan menulis

      Hapus

Penyaluran Sedekah Air Bersih

  Penyaluran Sedekah Air Bersih Selasa, 19 September 2023 PD Salimah Purbalingga bersama Laziz Jateng bekerja sama menyelenggarakan kegiatan...