ANDALAH SANG GURU MOTIVATOR
Pertemuan ke-7
Kamis, 16 April 2020
Alhamdulillah,
berbahagia sekali pada malam hari ini kita masih bisa mengikuti Grup Belajar
Menulis secara on line. Bapak dan ibu guru yang cerdas dan mudah-mudahan
menjadi penghuni surga, berkah hidupnya, dan panjang umurnya, pada kesempatan
ini kita akan belajar bersama nara sumber hebat yang akan menjadikan kita sebagai guru yang penuh motivasi. Kita berharap dengan momentum
saat ini dimana anak-anak sedang belajar di rumah guru pun seharusnya belajar kembali
bagaimana memiliki seni menyampaikan, memiliki seni
untuk dicintai, dirindukan oleh
anak didiknya sehingga pembelajaran
menjadi lebih menarik.
Sekilas Biografi Bapak Aris Ahmad Jaya
Aris Ahmad Jaya, Motivator Character Building
Nasional dengan Audien lebih dari 5.000.000 orang di seluruh Indonesia,
kelahiran Pati, 23 Februari 1974.
Aris
Ahmad Jaya Lebih dikenal sebagai Master Sugesti Indonesia dengan spesifikasi
training AUTO SUGESTI POWER (ASP) yaitu training MOTIVASI yang terbukti dan
teruji bagaimana manusia menemukan keyakinan diri dengan mengoptimalkan
kekuatan Pikiran, Perasaan, Perkataan dan Perbuatan menuju hidup sukses,
bahagia dan mulia . Kesuksesan selalu diawali dari kekuatan Sugesti yang kuat,
dilanjutkan perencanaan yang matang, Action yang Fokus dan siap dengan resiko
(konsekuensi terbaik dan terburuk) menuju ridho Allah SWT.
Gelar
Kesarjanaan Aris Ahmad Jaya diperoleh dari Institut Pertanian Bogor.
Selain sebagai Trainer dan Motivator Nasional Aris Ahmad Jaya adalah CEO PT
ABCo Sugesti Motivatindo, Aris Ahmad Jaya juga sebagai penulis buku buku
motivasi best seller.
Yuk kita ikuti paparan Bapak Aris Jaya
Berdasarkan kinerja membagi ada tiga tipe yaitu guru yang pertama adalah nyasar yang kedua bayar dan yang ketiga sadar.
Berdasarkan kinerja membagi ada tiga tipe yaitu guru yang pertama adalah nyasar yang kedua bayar dan yang ketiga sadar.
Yang pertama adalah guru nyasar. Guru nyasar adalah
guru yang tidak punya tujuan tidak punya arah.
Dia menjadi guru yang menyesatkan. Mengapa murid-murid bisa membenci
pembelajaran karena gurunya saat ini tidak berenergi. Murid-murid bisa membenci
apa pun yang disampaikan oleh gurunya.
Yang kedua guru
bayar. Dia adalah guru yang energinya
terkait dengan finansial. Dia bekerja
karena ada gaji dan sebatas bekerja karena ada urusan finansial yang diperoleh. Guru bayar ini kadang-kadang mengajar
berdasarkan energi uang. Guru semacam ini adalah guru yang tidak konsisten. Kadang ketika tanggal muda semangat wajah
cerah, antusias karena mungkin ada finansial yang cukup, habis gajian ada
sertifikasi. Guru bayar saya
sarankan segera sadar karena banyak murid pada dasarnya harus yang mendapatkan
inspirasi keilmuan tapi mendapatkan guru yang on off, kadang semangat kadang ,
kadang bagus kadang tidak. Ini akan menjadikan murid tidak mendapatkan figur
yang benar-benar mampu menginspirasinya.
Ketiga adalah guru sadar, seorang guru yang
kehadirannya menjadikan murid-murid mencintai dirinya, mencintai pelajarannya
dan mencintai kehidupan. Karena apa pun yang keluar dari mulutnya adalah kata-kata
yang mampu menyadarkan pembelajaran menjadi menyenangkan. Keilmuan menjadi
mengasyikkan. Kehadirannya adalah
keadaan yang menyenangkan. Kepergiannya adalah kepergian yang dirindukan. Karenanya mengajar gaya motivator adalah
sebuah teknik bagaimana anda mampu menjadi seorang pendidik atau menjadi
seorang guru yang sadar, menyadari sepenuhnya bahwa profesi ini adalah profesi
yang mulia.
Berdasarkan niat, seseorang menjadi guru ada dua yaitu :
Pertama adalah guru betulan.
Kedua adalah guru kebetulan.
Guru betulan
adalah guru yang memang dari awal ingin menjadi
mendidik mengajar dan ingin menjadi guru. Guru betulan ini
memang seorang guru yang diidamkan.
Guru yang memiliki energi untuk
mengajar energi untuk bertemu dengan siswa dan untuk mengeluarkan keilmuannya
kepada anak didik. Guru betulan
memang guru yang diidamkan.
Namun ternyata
ada sebagian guru yang kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajar
maka ia menjadi guru, kebetulan lulus
dari universitas sambil
menunggu pekerjaan maka dia menjadi guru seterusnya. Kebetulan juga ada
yayasan orang tua yang butuh guru karena minim sehingga mau tidak mau harus
melanjutkan impian orang tua menjadi pendidik di yayasan tersebut. Selain itu, kebetulan ada
teman yang mengajak daripada menganggur lebih baik menjadi guru terus menerus.
Ada lima langkah yang bisa dipraktekkan untuk mengajar gaya
motivator yang mampu menjadi guru yang dicintai, guru yang dirindukan dan guru
yang menginspirasi serta guru yang menjadikan murid murid anda mencintai anda
dan mencintai ilmu yang anda bawa.
Ada
peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya dengan utuh. Peran
yang pertama adalah mengajar, peran yang kedua adalah mendidik, peran yang
ketiga adalah menginspirasi, dan peran yang keempat adalah menggerakkan.
Terkadang
kita lebih fokus pada peran pertama yaitu mengajar. Memindahkan keilmuan yang
ada di otak kita ke otak murid kita. Memindahkan kurikulum yang ada ke pikiran
murid kita. Jadi kalau guru hanya
sekedar mengajar maka anda akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini. Mereka
bisa online, mereka bisa belajar dari youtube. Bahkan sekarang sudah ada kelas
kelas online yang memungkinkan murid -murid bisa belajar keilmuan tanpa
kehadiran guru.
Saya ingin
anda masuk ke long zona berikutnya yaitu mendidik. Tentu guru menjadi idola menjadi teladan
menjadi contoh guru sendiri dari dua kata digugu dan ditiru diharapkan ketika
anda masuk ke ranah mendidik maka anda bisa memasukkan nilai-nilai norma. Norma
baik yang bisa dipeoleh anak didik kita dalam keseharian misalnya kedisiplinan,
kejujuran, bisa dipercaya, berbagi, bekerja sama, berkomunikasi, memudahkan
urusan orang lain, menolong, membantu.
Langkah-langkah mengajar gaya motivator
ini mudah-mudahan mampu mengubah cara
berfikir serta pola laku anda dalam mengajar anak.
Langkah yang pertama adalah jadilah guru yang menarik dan menyenangkan. Dengan menarik, anda memiliki daya tarik, dengan menyenangkan anda memiliki daya yang menjadikan murid anda merindukan anda.
Langkah yang pertama adalah jadilah guru yang menarik dan menyenangkan. Dengan menarik, anda memiliki daya tarik, dengan menyenangkan anda memiliki daya yang menjadikan murid anda merindukan anda.
Untuk menjadi guru yang menarik anda
lakukan tiga langkah sederhana.
Pertama
persiapkan diri anda dengan latihan sebanyak mungkin bagaimana menjadi pribadi yang menarik. Contohnya dari sisi penampilan. Anda adalah seseorang yang memang
mempersiapkan penampilan terbaik karena anda adalah sosok yang menarik. Dari segi berperilaku anda juga sosok yang
menarik hingga murid anda menilai anda bukan sekedar ketika anda di dalam
ruangan tapi juga ketika anda di luar ruangan.
Pintu
mengizinkan dan pintu tidak mengizinkan sebagian orang mungkin asing dengan
istilah ini. Namun ini adalah salah satu istilah favorit Pak Aris ketika
memberikan materi training secara off line agar para peserta khususnya guru
mudah memahami. Makna pikiran
mengizinkan pikiran pintu terbuka adalah manakala siswa siswi anda mengizinkan
anda. Mereka senang dengan anda. Mereka
nyaman belajar dengan anda.
Pintu
tidak mengizinkan adalah pintu tertutup di mana mereka tidak suka dengan
pembelajaran anda. Tidak menyukai anda. Intinya adalah menolak bagaimana pintu mengizinkan
itu terbuka untuk anda. Saya coba
memberikan sebuah pembelajaran sederhana bagi anda, sebelum mereka menerima
pelajaran anda. Maka murid anda harus
menerima pembelajaran apapun yang anda bawa.
Kurikulum apa pun yang anda beri.
Materi apa pun yang anda suguhkan.
Syarat pertama yang harus anda pahami adalah harus menerima anda. Agar mereka mau serta mampu menerima anda
syaratnya adalah mereka mengizinkan anda.
Sesungguhnya untuk diizinkan maka anda harus menjadi pribadi yang
menyenangkan. Untuk menyenangkan anda
harus mampu untuk memahami bahwa mereka adalah orang yang beda dengan anda.
Ketika
anda mengajar anak TK anda harus mampu berperilaku sebagaimana anak TK. Ketika anda guru SD harus memahami bagaimana
kondisi anak SD kekiniaan. Karena SD
kekinian beda dengan SD masa kita dulu. Jadi jangan paksa mereka untuk mengerti
anda. Tetapi anda harus mampu mengerti
mereka mampu mengubah di menjadi me, dihargai menjadi menghargai, ingin
dilayani menjadi melayani. Ketika anda mampu mengerti bahwa anda diterima harus
diizinkan anda harus diberikan peluang untuk bersama dengan mereka. Maka kunci yang pertama ini harus anda kuasai
anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan. Murid anda lebih menyukai apa
yang menyenangkan daripada apa yang penting tapi tidak menyenangkan atau
sesuatu yang menarik lebih diterima oleh mereka daripada sesuatu yang penting
tapi tidak menarik. Jadi sekali lagi
para guru hebat Indonesia belajarlah secara terus menerus menjadi yang menyenangkan
sehingga anda diterima anda benar-benar
diizinkan. Pikiran mereka terbuka untuk
anda. Dengan demikian anda telah berhasil melakukan langkah pertama menjadi
pribadi yang menyenangkan. Pintu terbuka
untuk anda. Murid anda menerima apa pun
yang anda bawa.
Contoh murid
yang memberikan pintu mengizinkan untuk anda.
Pertama
anda masuk dalam sebuah kondisi yang senyum pastikan bahwa permasalahan anda
itu bukan permasalahan mereka. Kalaupun anda punya masalah dengan suami dengan
istri dengan teman itu bukan masalah murid anda. Jadi pastikan anda masuk dalam kondisi nyaman
minimalnya adalah senyumlah senyum satu
dua dua lima dari hati dua senti kanan dua senti kiri cukup lima detik.
Kedua anda
sapa mereka dengan salam yang berbeda. Kalau
selama ini anda mengatakan salam langsung Assalamualaikum warahmatullah
wabarakatuh.. maka mereka belum siap.
Coba anda
ganti dengan format seperti berikut:
Semoga
siswa yang jawab salam saya cerdas otaknya. Mereka akan menjawab amin.
Semoga
yang menjawab salam saya mendapatkan nilai terbaik dan naik kelas dengan rapot
yang memuaskan.
Semoga
salam saya menjadikan manusia yang berguna, bermanfaat bagi agama, bagi
negerinya dan juga bagi keluarganya.
Semoga
yang menjawab salam saya otaknya jenius cerdas dan mudah mempelajari pelajaran yang
akan saya berikan hari ini.
Setelah
itu anda baru saja asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.. nah pasti mereka
menjawab anda.
Daripada
anda masuk dalam kondisi manyun, langsung mengucap,” Assalamualaikum siapa yang
belum mengerjakan PR. Acungkan jari.. maaf yang belum mengerjakan PR, silakan
keluar!” Akhirnya mereka keluar semua dan anda mengajar bangku kosong.
Karena
anak zaman sekarang ini mengerjakan PR tidak terlalu nyaman. Itulah kenapa
Finlandia tidak memberikan PR karena mereka tahu. Kalau anak suka dengan pelajaran maka jika
tidak dikasih PR, mereka akan belajar.
Jadi yang
pertama adalah masuk dengan tersenyum, menyapa dengan salam, yang ketiga
berikan apresiasi. Anda bisa mengucapkan
begini ;
1. “Anak- anak sekalian terus terang saja saya suka mengajar
kalian, Saya seneng ngajar kelas ini. Saya
bahagia bertemu dengan kelas ini”.
2. “Dari sekian
banyak kelas yang saya ajar kelas ini yang membuat saya semangat.”
3. “Saya bangga menjadi guru kalian.
Itulah beberapa kata-kata yang mungkin bisa
anda ungkapkan daripada anda datang marah- marah emosi. Coba senyum kemudian anda salam dengan cara
yang diajarkan ini.
Kemudian
yang berikutnya anda bisa mengucapkan : “Terima kasih, saya terus terang saja
senang mengajar kelas ini. Dari sekian
banyak kelas yang pernah saya ajar, kalian yang menjadikan saya berenergi atau
menjadikan bapak berenergi atau menjadikan ibu berenergi.” Dengan begitu,
mereka kaget, “ Wow guru saya sudah berubah nih, tumben!” kata mereka.
Coba
dipraktekkan anda masuk dalam kondisi senyum menunjukkan bahwa anda menguasai
masalah anda. Yang kedua anda salam
dengan salam sapaan yang berbeda, dan yang ketiga apresiasi anda. Ungkapkan bahwa anda senang bersama dengan
mereka. Apresiasi, hargai jadi dengan
cara ini anda akan menjadi sosok yang diizinkan.
Berikutnya Pak Aris akan kasih contoh yang
lain tips dan trik bagaimana pintu pikiran mereka terbuka untuk anda.
Bapak dan
ibu guru yang cerdas tips berikutnya agar pintu mengizinkan anak didik anda
terbuka untuk anda. Sehingga mereka
mengizinkan dirinya memperhatikan dan mendengarkan anda menyukai apapun yang
anda bawa. Tips yang kedua adalah berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pembelajaran dimulai. Mainkan
game - game sederhana sebelum pembelajaran dimulai. Anda bisa lakukan game tepuk, anda bisa
lakukan tebakan. Games yang bisa anda ambil
dari youtube dari internet. Insyaallah
saya akan coba kirimkan kepada anda contoh contoh video ketika kami memberikan
materi training pada siswa siswi sebelum pembelajaran dilakukan.
Mudah-mudahan dengan contoh ini anda akan mudah
memahami dan melakukan ATM ( amati,
tiru, modifikasi). Dalam bahasa Jawa ada 4 N yakni niteni niru nambah nambahin nemu
.
Nah anda
tinggal cari saja game game simulasi dari youtube kah? dari training training
yang anda ikuti kah? dari buku buku game kah? maka mudah mudahan dengan
demikian suasana tidak garing di awal.
Mainkan simulasi mainkan game bisa tepuk ya bisa tebak tebakan bisa gerak
atau menyanyikan lagu bersama-sama. itu mungkin akan memecahkan suasana. Setelah
mereka nyaman dengan simulasi-simulasi game yang anda berikan maka hormon
kebahagiaan mereka akan tumbuh. Hormon
itu bernama hormon endorfin hormon yang memiliki delapan kali kekuatan lebih
besar daripada morfin. Di buku the miracle of endorphin disebutkan ketika anda
sudah mampu bersimulasi bermain, maka sebenarnya mereka telah mengizinkan
dirinya untuk memperhatikan dan melihat anda, mendengarkan instruksi anda,
mengikuti apa yang anda suruh.
Ada
permainan tepuk. “Perhatikan kalau saya
tiga kali kalian tepuk sekali. Bagus keren. “Kita coba ya, kita akan coba acak focus.
Generasi kalian pasti bisa, oke bagus, keren. Setiap kali anda habis memainkan
game, apresiasi mereka, puji mereka, dengan kata-kata bagus, keren, hebat.
Itu yang
membuat mereka semangat mencontoh. Jadi pertama anda tadi masuk dengan salam
senyum sapa yang bagus, berikutnya anda mainkan simulasi-simulasi game. Coba anda pahami resapi dulu anda. Kita akan
masuk ke tips berikutnya bagaimana diizinkan.
Bapak dan
ibu guru yang cerdas bahagia sukses serta mulia, insyaallah tips yang ketiga
agar anak didik anda, putra putri diri anda membuka pintunya untuk anda
mengizinkan. Yang harus anda praktekkan tangkap basah kebaikan, tempa besi selagi
panas artinya apresiasi prosesnya. Apresiasilah siswa siswi anda, tidak menunggu
kenaikan kelas, menunggu mereka menjadi juara nasional. Apresiasi dan hargai prosesnya ingat tangkap
basah kebaikan tempa besi selagi panas. Coba anda lihat besi susah sekali
ditempa kalau sudah dingin besi mudah ditempa masih sedemikian panas memerah.
Tips ini
adalah tips yang luar biasa anda bisa berikan apresiasi secara personal atau
apresiasi secara massal. Ketika anda
mudah mengapresiasi sesungguhnya anda mudah diterima. Contoh sederhana ketika ada murid anda datang
tepat waktu dan kebetulan anda hadir. Anda
cukup berkata kepada murid itu, “Imron keren kamu, orang yang disiplin jadi
orang sukses. Itu adalah contoh tempa
besi selagi panas tidak menunggu kenaikan kelas yang dia sudah lupa melakukan
itu.
Contoh
yang lain ada seorang ketua kelas yang rela mengabdikan dirinya memimpin teman-
temannya tanpa gaji, tanpa sertifikat. Itu
ketua kelas, ketua osis, ketua panitia, anda bisa menemui dia secara
personal. Anda bilang, “Rudi kamu ketua
kelas ya, kamu calon leader masa depan karena kamu punya jiwa kepemimpinan
keren, suatu hari nanti kamu jadi orang sukses karena kamu mau mengabdi untuk
banyak orang. Selamat ya Rudi…Bapak
bangga dengan kamu atau ibu bangga dengan kamu.”Kata kata seperti ini akan
menjadikan murid respek kepada anda. Mereka mengapresiasi anda membela anda
berjuang bersama anda.
Secara
massal anda bisa lakukan seperti ini, “Saya suka ya kalian itu orangnya kompak,
kelas ini kompak, keren. Saya bangga
jadi wali kelas kalian. Kelas kalian
adalah salah satu kelas yang menjadi kelas favorit bagi saya. Saya terus terang saja senang mengajar kalian. Kalian berproses walaupun pernah remedial
kalian tetap berjuang sehingga hari ini kalian semua sudah dinyatakan tuntas. Saya bersyukur menjadi guru kalian.”
Jadi
sekali lagi apresiasi, hargai. Dengan
menghargai anda dihargai, dengan melayani anda dilayani. Anda menerima jadi bapak dan ibu. Guru yang pelit apresiasi,pelit menghargai,
maka dia sesungguhnya adalah guru yang menjerumuskan muridnya untuk menjadi
murid yang tidak suka dengan guru. Apa
pun ajaran yang dibawa oleh guru menjadi pelajaran yang membosankan. Jangan sampai anda menjadi konektor kejelekan
atau konnektor ketidakberhasilan bagi murid anda. Kalau anda mengajar sebuah ilmu dan murid
anda suka dengan ilmu, anda menjadi konektor kebaikan bagi dia. Anda menjadi
kebaikan masa depannya. Kalau anda adalah konektor keburukan dengan murid anda, ia benci dengan pelajaran anda,
benci dengan ilmu anda dan tentu benci dengan siapa yang memberikannya yaitu
anda, maka anda telah menutup pintu-pintu kesuksesan. Coba bayangkan kalau menurut anda tidak suka
matematika maka semua pelajaran terkait dengan hitungan dia tidak suka. Gegara anda berinvestasi ketidakbaikan di
masa depan. Anda guru bahasa inggris
misalnya dan murid anda tidak suka bahasa inggris gegara penyampaian anda
membosankan, menjenuhkan maka murid anda tutup untuk menyukai bahasa
internasional.
Jadi
sekali lagi apresiasi. Langkah yang
pertama tadi menjadi guru yang menarik, guru yang menyenangkan sehingga tiga
tips tadi ketika anda jalankan maka murid anda akan membuka pintunya untuk
menerima anda. Berikutnya menjadikan
anda sebagai guru idola, guru favorit bagi dia.
Jadi kita tuntaskan dulu yang pertama dari lima langkah M G M menjadi
guru menarik dan menyenangkan dengan tiga langkah tadi. Oke, salam yang baik,
sapa yang benar kemudian masuk dengan simulasi-simulasi. Menghargai mereka “ wow keren” lakukan
langkah ini. Keajaiban terjadi membersamai
anda untuk empat langkah berikutnya.
Bapak dan
ibu guru yang cerdas setelah kita mempelajari langkah yang pertama yaitu bagaimana anda mampu menjadi pribadi yang menarik dan
menyenangkan sehingga anda diizinkan untuk menjadi bagian dari sejarah putra
putri, anak didik terbaik anda.
Langkah
yang kedua dari mengajar gaya
motivator ini adalah langkah di mana anda mampu menjadi bagian dari pemain dan
bukan sekedar penonton. Langkah yang kedua ini adalah temukan titik lebihnya dan motivasilah mereka melalui titik lebih
yang mereka punya. Temukan nilai
unggulnya dan mulailah masuk melalui nilai unggul yang bersangkutan. Temukan nilai tambah murid anda. Masuklah
melalui nilai tambah mereka.
Einstein pernah berkata, “Kalau kita memaksa seekor
burung untuk berenang, ikan untuk terbang, monyet untuk melata, maka kita akan
melihat kebodohan-kebodohan dari hewan tersebut. Sama halnya seorang guru yang hebat adalah
seorang guru yang memberikan kesempatan muridnya untuk unggul. Melalui nilai unggul yang mereka miliki maka keunggulan-keunggulan
yang lain akan mengikutinya.
Kenapa
langkah yang kedua ini penting? karena terkadang seorang siswa akan merasa
minder, rendah diri tidak percaya diri dikarenakan dia diberikan momentum yang
bukan nilai lebihnya. Dia diberikan
momentum nilai kurangnya. Ada murid anda
yang kemampuan bahasanya bagus namun lemah di matematika. Ada murid anda yang hebat di organisasi dan
hubungan interpersonal sehingga dia suka aktivitas organisasi dalam kematian
dan lain sebagainya namun mungkin dia lemah dalam pelajaran tertentu misalnya
bahasa atau matematika. Ketika anda menyepakati hal ini maka anda akan diterima
oleh murid anda.
Sebuah
contoh sederhana seorang guru yang mengetahui bahwa salah satu muridnya punya
kemampuan matematika yang bagus maka guru ini akan bisa diterima ketika dia
masuk melalui matematika.
“Amir, matematika
kamu keren, kemampuanmu berhitung bagus.
Suatu hari nanti kamu akan menjadi orang sukses karena biasanya orang pintar
matematika dia mampu melakukan kejujuran dia bisa teliti. Kamu suatu hari nanti akan menjadi orang
hebat melalui matematika ini namun kamu juga harus belajar pelajaran yang lain. Karena melalui matematika ini kamu akan
mendapatkan kehebatanmu dan pelajaran lain akan menjadikanmu juga lebih cepat
hebatnya.”
Jadi sebenarnya langkah yang kedua ini akan dibahas lebih detail pada slide berikutnya inti dari langkah kedua ini adalah temukan nilai tambah murid anda temukan nilai lebih siswa anda dan berikan mereka untuk menjadi seseorang berdasarkan nilai lebih dan kehebatannya. Karenanya seorang yang hebat bukanlah orang yang mampu menjadi manusia yang memaksa orang lain untuk hebat sepertinya namun seorang hebat adalah seorang mampu menciptakan dan menghantarkan kehebatan generasi setelahnya. Karena memberikan momentum-momentum hebat bagi anak muridnya. Insyaallah kita akan lanjutkan pada slide berikutnya tentang tip bagaimana anda menemukan nilai tambah nilai lebih murid murid anda sehingga anda mampu mengajar gaya motivator diterima diizinkan dan dirindukan.
Guru hebat yang dirahmati oleh Allah, saya
ingin tunjukkan kepada anda tiga langkah
menemukan kehebatan nilai tambah nilai dari putra putri diri anda.
Langkah
yang pertama adalah anda harus mampu memberikan momentum kesempatan- kesempatan
hebat dari masing masing siswa siswi anda berdasarkan nilai lebihnya.
Pembimbing
Pak Aris bernama Prof Musa dari IPB Bogor.
Dia berbicara, “Yang maha dalam hidup bukan sekedar bagaimana kita mengetahui
ilmu, bukan bagaimana kita terampil mengerjakan ilmu, bukan sekedar kita
memiliki ekspektasi terhadap ilmu, atau memiliki kemampuan terhadap ilmu, namun
sesuatu yang mahal adalah momentum yang diberikan kepada kita.”
Jadi
sekali lagi momentum itu mahal karenanya, berikan kesempatan murid anda untuk
menjadi duta dari sekolah anda. Biarkan
mereka mewakili teman-teman, biarkan mereka menjadi duta dari sekolah. Anda mengajar tujuannya bukan mendapatkan
juara pertama, tetapi adalah memberikan kepercayaan kepada mereka. Mereka berharga, setiap anak harus mampu
diberikan momentum kesempatan sehingga mereka menjadi merasa bermakna, merasa
dipercaya, merasa bernilai.
Bapak dan
ibu yang cerdas, seorang yang suka pramuka tentu akan bahagia ketika menjadi
wakil pramuka dari sekolah tersebut dan dikirimkan ikut camping. Seorang yang menyukai olahraga tertentu tentu
bahagia ketika dikirimkan untuk menjadi duta sekolah tersebut untuk teman-
temannya bertanding bersama sekolah lain.
Seorang yang memiliki keilmuan tertentu misalnya Matematika IPA Bahasa
Inggris ataupun Bahasa Indonesia tentu akan bahagia ketika dikirimkan oleh
sekolah menjadi bagian dari duta sekolah tersebut.
Momentum
diberikan bukan karena dia harus menjadi juara utama. Momentum diberikan bukan
karena dia harus mampu mengalahkan yang lainnya tapi momentum diberikan agar
mereka merasa menjadi bagian dari sekolah itu. Jangan selalu anak itu-itu saja
yang dikirimkan oleh sekolah untuk mewakili sekolah anda karena dia serba bisa
misalnya.
Tapi
lihatlah, bagaimana orang-orang biasa menjadi mutiara yang hebat karena dia
masuk ke dalam kerang. Pasir biasa pun
akan menjadi mutiara yang hebat ketika dia diolah di dalam kerang. Dan kerang mutiara itu adalah anda, sekolah
anda. Guru yang hebat adalah guru yang
mampu menjadi kerang mutiara bagi siswa didiknya. Karena dia senantiasa memberikan momentum-
momentum hebat bagi anak didiknya. Itu
langkah yang pertama kita akan lanjutkan langkah yang kedua bagaimana kita
mampu menemukan nilai tambah dan nilai lebih dari siswa siswi anda.
Bapak dan
ibu guru yang cerdas saya berdoa mudah-mudahan Allah memberikan keselamatan
kepada anda, kesehatan, kebahagiaan, kemuliaan dan surga Insyaallah. Setelah langkah pertama bagaimana
menghadirkan nilai tambah, nilai lebih mutiara yang ada pada anak diri anda,
maka sekarang langkah yang kedua dari tips mengajarkan motivator dari
menghadirkan nilai lebih dan nilai tambah murid murid anda adalah mereka menjadi bagian dari pemain bukan sekedar
menjadi penonton. Biarkan mereka menjadi bagian dari sejarah kehidupannya
bukan hanya menjadi seorang yang bisa bercerita. Ingatlah jadikan mereka
menjadi bagian dari history yaitu sejarah bukan sekedar story. Anda libatkan mereka untuk berpendapat,
beride, bergagasan tentang sesuatu maka mereka akan ikut bertanggung jawab atas
ide dan gagasannya.
Contoh
sederhana anda sebagai sebagai wali kelas misalnya anda beride kepada anak
murid anda di kelas tersebut. “Seandainya kalian jadi wali kelas, kira kira apa
yang akan kalian lakukan untuk menjadikan kelas menjadi kelas yang hebat? atau
kalau kalian diberikan kesempatan untuk mengubah kelas ini kira kira apa saja
yang akan kalian ubah? atau seandainya kalian adalah kepala sekolah apakah ide-ide
kreatif yang akan kalian keluarkan untuk menjadikan sekolah ini menjadi sekolah
yang unggul dan hebat?
Dengan
kita memberikan kesempatan seperti itu melibatkan mereka, maka mereka akan
mengungkapkan ide gagasan kecerdasan emosi dan hal-hal yang mereka harapkan selama
ini. Tentu ketika ide dan gagasan ini
ditampung kemudian dijalankan, maka mereka akan menjadi bagian yang bertanggung
jawab atas ide dan gagasan itu. Karena
mereka merasa terlibat dalam proses perwujudan ide dan gagasan tersebut. Ini sangat berbeda manakala ide gagasan hanya
dari guru hanya dari wali kelas, hanya dari kepala sekolah tanpa melibatkan
mereka.
Anda
melibatkan mereka, memberikan kesempatan mereka untuk beride bergagasan maka
anda juga memberikan kesempatan kepada anak didik anda menjadi bagian dari
sejarah, menjadi bagian dari pelaku bukan sekedar penonton.
Orang-orang hebat bukanlah orang yang punya nilai lebih dibanding dengan orang yang ada di sekitarnya tapi orang-orang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menghebatkan orang- orang yang ada di sekitarnya termasuk murid muridnya. Hal ini dikarenakan kemampuannya memberikan momentum. Yang pertama memberikan kesempatan mereka menjadi pemain dan yang terpenting adalah hargai prosesnya jangan selalu pada hasil akhir. Hargai prosesnya karena proses inilah yang akan mereka ceritakan suatu hari nanti ketika mereka sudah menjadi orang sukses. Gagal adalah peristiwa. Sekali lagi, gagal adalah peristiwa saya dan anda, murid anda dan semua orang di sekitar tidak pernah gagal. Yang gagal adalah peristiwanya. Sebagai contoh seorang gadis yang menggoreng tempe dan tempenya gosong. Yang gosong adalah tempenya bukan gadisnya. Sekali lagi, bukan gadis yang gosong tapi tempenya gosong.
Karenanya
guru motivator adalah seorang guru yang mampu melibatkan siswa didiknya menjadi
bagian dari pemain dan bukan sekedar menjadi penonton dalam kehidupannya
jadikan mereka memiliki history bukan sekedar mampu bercerita tentang story.
Untuk
langkah yang ketiga mewujudkan nilai tambah murid anda saya akan berikan pada
slide berikut ini. Salam bahagia saya
Aris Ahmad Jaya untuk anda semua.
Baik bapak
ibu sekalian mungkin untuk malam ini kita belajar sampai di slide ketiga belas
terlebih dahulu agar semua mudah mencerna. Pada prinsipnya kita bisa lanjutkan
dalam bentuk diskusi dalam bentuk dialog
sehingga memungkinkan kalau ada pertanyaan pertanyaan bisa langsung saya jawab.
Namun sebelumnya anda bisa mempelajari materi-materi saya di youtube yang telah
saya upload dan akan saya berikan link di bawah ini
anda dan juga like komentar agar anda mendapatkan informasi informasi tentang
pembelajaran di youtube lebih interaktif karena bentuknya adalah audio video
serta ada contoh contoh dari simulasi simulasi yang saya jelaskan di atas. Silahkan
anda bisa follow instagram saya dan juga bisa subscribe di youtube channel.
Waktu pemaparan sudah
habis, tak terasa berjalan selama satu jam.
Demikian tadi pemaparan Pak Aris dengan berbagai cara dan langkah Mengajar
Gaya Motivator. Sekarang memasuki waktu diskusi antara nara sumber dan peserta.
P1
Slmat mlm Pak Aris. Bgmna memotivasi
ank didik yg bandel, kurng tenang dlm ruang blajar, snang ganggu tman. Bgmna
mngatasi sikap sprt ini? Trima ksih.
J1
Pada dasarnya satu atau dua orang anak di
kelas yang punya tipikal mengganggu itu dikarenakan anak tersebut mmm kurang
mendapatkan bisa jadi dia dari keluarga yang bermasalah atau memang dia memang
sudah bermasalah anak anak yang masa bodoh biasanya memiliki dendam masa lalu
atas pembelajaran sebuah pelajaran tertentu atau pada guru tertentu sebagai
seorang guru yang menangani dia kita harus mampu menggali informasi tentang
siapa dia mengapa dia seperti itu dan dengan melakukan pendekatan yang penuh
dengan cinta tentu saja akan ada perubahan jangan nasehati dia ketika dia punya
masalah karena anak yang pas masalah dinasihati akan menolak namun justru
dekatilah dia sesuai dengan hobi dia dengan kesukaan dia dengan bakat yang dia
miliki kalau dia bekas di pramuka misalnya atau bakal di sebuah bekal tertentu
kita dekati dengan bakat yang dia miliki dengan cara masuk tersebut
makamengizinkan dia akan terbuka untuk anda mudah mudahan bermanfaat tidak
perlu menyerah karena bisa jadi adalah orang yang bisa menolong masa depan dia.
P2
Ari Yunanda, Sijunjung, Sumatera Barat.
Menurut Pengalaman Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR , meskipun
dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai guru BAYAR dan guru NYASAR.
J2
Baik
pertanyaan yang bagus dari bapak Ari Yunanda Sijunjung Sumatera Barat apakah
semua guru berpotensi untuk menjadi guru sadar.
Meskipun latar belakang tipe sebelumnya adalah bayar atau nyasar semua
guru berpotensi untuk jadi guru sadar. Itu sangat terkait dengan bagaimana dia
meluruskan niat, meluruskan keinginan yang kuat. Karena pada dasarnya guru sadar sangat
terkait dengan latar depan bukan latar belakang. Latar belakang bisa jadi dia dari latar bukan
keguruan keilmuannya mungkin bisa jadi tidak sesuai dengan yang diajarkan saat
ini. Namun karena dia sadar dia mau belajar memperbaiki diri. Belajar metode-metode yang tepat kemudian dia
belajar banyak ilmu maka dia bisa menjadi seorang guru sadar.
Seorang
guru yang bayar atau nyasar susah untuk menjadi guru sadar manakala dia tidak
berani keluar dari zona kenyamanan mereka.
Sekali lagi guru sadar adalah seorang guru yang memiliki sebuah niat
yang mulia bukan sekedar bayaran, bukan sekedar mengisi waktu luang dan
insyaallah guru- guru yang punya potensi terus belajar mengabdi, melayani,
berkontribusi. Lambat laun dia akan menjadi seorang guru sadar yang dirindukan,
dinantikan dan menjadi inspirasi bagi murid muridnya. Insyaallah mudah mudahan pak ari nanda dan
semua yang ada di grup ini menjadi guru sadar yang hadirnya menyenangkan pulang
dirindukan terima kasih.
P3
Ass wr wb Bp Mr Sugesti Indonesia,
Bertanya, kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yg benar adalah penget adalh
kekuatan saat diterapkan, nah bgmn jika dikaitkan dg MGM
Bu Iez Lumajang
J3
Baik
pertanyaannya bagus pengetahuan adalah kekuatan namun yang bener adalah
pengetahuan kekuatan saat diterapkan betul semua ilmu akan menjadi nyata
manakala di aplikasi dan bukan berada di rak perpustakaan di lab penelitian
semua keilmuan pada dasarnya sepuluh persen ide sembilan puluh persen aksi aksi
inilah yang menjadikan sebuah pengetahuan menjadi bermanfaat karenanya guru
guru hebat pada dasarnya adalah guru guru yang mempraktekkan mengaplikasikan
dan memperbaiki serta mengevaluasi diri sehingga mampumenjadi guru yang
diidolakan oleh anak didiknya saya sepakat pengetahuan yang hebat adalah
pengetahuan yang diterapkan sehingga memiliki sebuah kekuatan terima kasih.
P4
Selamt malam pak Aris, kali ga salah dengar sepertinya label hampir sama dengan apresiasi ya,
apa petbedaanya, apa perbedaannya? Lusia
J4
Baik pertanyaan tentang label sama dengan
apresiasi label adalah bagian dari apresiasi jadi di antara cara mengapresiasi
adalah memberikan label positif jadi apresiasi itu banyak cara di antaranya
adalah memberikan label atau di antara yang lain adalah menghargai dengan
segera ketika proses berjalan tidak menunggu hasil akhir atau memberikan
peluang kepada mereka untuk menjadi duta sekolah nah itu adalah bagian bagian
contoh dari apresiasi jadi sekali lagi label adalah bagian dari apresiasi terutama
label positif.
P5
Saya tertarik memperdalam tentang pintu
yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka
gurunya dari teman temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru didepan
kelas. Adakah tips jitu lainnya pak?
Ridwan Nurhadi
J5
Sebuah pertanyaan yang bagus dari pak
ridwan nurhadi kadang siswa sulit untuk menerima guru karena hasutan dari temen
temannya nah ini betul itu yang tidak makan persepsi persepsi adalah bagaimana
tanggapan umum yang diberikan oleh siswa siswi terhadap guru dan itu akan
menjadi pt tular keyakinan atas bagaimana persepsi guru itu dibangun apakah dia
guru yang menyenangkan guru yang menarik atau guru yang menyebalkan sehingga
persepsi ini harus dirubah dengan kondisi guru yang sesungguhnya kalau
persepsinya sudah salah sudah jelek sudah kurang bagus dan akhirnya terbukti
maka itu akan menguatkan bahwa informasi dan hasutan dari temannya adalah
informasi yang bener namun sebaliknya ketika kita bisa melakukan sebaliknya
dari hasutan dari sebagian temen temen yang ada di kelas maka yang terjadi
adalah orang orang tersebut akan mendukung kitaternyata kita tidak sebagaimana
yang diceritakan oleh temen temannya seperti itu jadi tetaplah berbuat baik
tetaplah optimis dan tetaplah melakukan pembelajaran yang menarik dan
menyenangkan karena itu akan membangun persepsi baru siape anda yang
sesungguhnya mudah mudahan bermanfaat.
P6
Assalamaualaiakum. Salam Hebat....Bagimana caranya
menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan kebaikan kepada peserta
didik? Secara teori memang gampang tapi
implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Wassalam Supyanto Kota
Bekasi.
J6
Baik sebuah pertanyaan yang bagus
bagaimana cara menguasai emosi dalam mengajarkan kebaikan kepada anak didik
secara teori gampang namun menurut saya sangat sulit dari pak supriyanto bekasi
baik apa yang kita yakini itu yang juga tervisualisasi kan jadi ketika kita
berkata bahwa teori gampang namun prakteknya sulit itulah yang terjadi karena
kita adalah sebagaimana apa yang ada dalam pikiran kita yang harus terjadi
adalah menguasai emosi kita mengajarkan kebaikan kepada anak didik memang
dimulai dari bagaimana kesadaran kita menjadi guru sadar dan bukan menjadi guru
nyasar atau guru bayar pada prinsipnya anak jaman now berbeda dengan kitab era
kita kita harus mengerti sebelum ini dimengerti mampu merubah di menjadi
sebelumnya adalah ingin dihargai maka kita saatnya menghargai ingin didengarkan
saatnya mendengarkan ingin dilayani saatnya melayani karena pada dasarnya sifat
dasar murid kita adalah dia menyukai guru yang menghargai mereka dia menyenangi
guru yang penyampaiannya adalah menarik dan menyenangkan ketika kita diterima
maka apapun yang kita bawa insyaallah diterima oleh murid kita jadi pada pada
prinsipnya tidak ada anak nakal atau anak bandel ini yang perlu kita pahami
semua ke fitrahnya baik yang ada adalah anak yang kurang mampu mendapatkan
dicinta sehingga dia tidak bisa menerima nasihat dari orang orang di sekitarnya
dan dia mencoba mencari perhatian dengan cara berbuat yang tidak baik dan cara
itulah yang paling mudah dia peroleh untuk mendapatkan perhatian dan bukan
dengan prestasi mudah mudahan kita bisakembali lebih detail tentang bagaimana
mengelola emosi memperbesar kapasitas diri sentuhan emas dan ini adalah penting
bagi para guru.
P7
Selamat Malam Bapak mohon ijin bertanya terkadang
kalau kita sudah berusaha dan memang kita berbeda dalam memperlakukan anak dan
membuat anak terkadang mencintai dan merindukan kita dikira kita tebar pesona.
Maaf padahal jiwa kita ya seperti itu. Tidak pernah terbersit satu kalimat /
niat untuk membenci dan berkata yang tidak layak kepada murid. Karena memang
kita ingin dikenang Murid sebagai pribadi yang baik. Karena kita juga panutan
bagi mereka. Mohon saran apa yg bisa kita lakukan.
Prihariyani _ Semarang
J7
Baik ibu Priharyani dari semarang tenang
bu ketika murid murid mencintai kita merindukan kita menjadikan kita menjadi
bagian dari kehebatan mereka maka mmm anjing menggonggong kafilah tetap berlalu
mengapa gol yang kita lakukan tidak menjadikan semua penonton bahagia itu yang
perlu ibu pahami ketika gol yang kita lakukan sebagian bahagia sebagian susah
tergantung dari dia mendukung kita atau tidak yang mendukung akan bertepuk
tangan dengan gol yang kita ciptakan namun yang tidak mendukung tentu akan
sedih karena gol yang kita lakukan intinya adalah tetaplah menjadi guru yang
baik tetaplah menjadi guru yang hebat karena pada dasarnya itulah yang akan
dikenang oleh murid murid kita jadi sekali lagi tetaplah menjadi guru yang
mempesona apa pun kata orang bahwa anda tebar pesona anda cari muka atau anda
penjilat silahkan karena pada dasarnya pemain lah yang menciptakan sejarah dan
penonton hanya menyaksikan terjadisejarah dan anda adalah pemain yang
menciptakan sejarah bagi kehebatan murid murid anda semoga bermanfaat.
P7
Assalaamu'alaikum pak Aris...sy guru sma mapel fisika pak..sy pernah mencoba games spy ank2 tdk tegang trs tp ank2 kok tdk suka ya pak? Bagaimana solusinya? Sri Indayani lamongan
J7
Oke waaalaikumsalam ibu sri indaryani betul
sebagian mungkin kita memilih game nya atau tiba tiba memberikan game yang kaku
jadi anak anak kaget tumben begitu jadi pada dasarnya inti dasar jiwa manusia
adalah menyukai permainan karenanya perlu dipilihkan permainan yang cocok
sesuai dengan usia mereka permainan yang mmm sesuai dengan kondisi dan dan itu
perlu banyak belajar bisa dilihat dari youtube banyak sekali jadi jangan sampe
game paud kita terapkan untuk anak anak eh smp atau sma tentu mereka merasa kok
aneh gitu ya jadi jamnya juga harus disesuaikan sepengetahuan saya selama ini
ketika berhadapan dengan ataupun mahasiswa bahkan mereka suka dengan game
catatannya adalah game nya harus keep yang sesuai dengan usia mereka
menyenangkan sesuai dengan situasi dan kondisi dan yang terpenting adalah kita
juga harus menjadi pribadi yang bahagia dalam menyampaikan game itu sendiri
jangan sampeingin membuat mereka bahagia kita sedih dalam kondisi yang kurang
bahagia silakan dibuka di channel youtube saya di situ ada tip dressnya mudah
mudahan bermanfaat.
P8
Assalamualaikum.. sang motivator yang
super..ada guru yg senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya
karena ia sibuk membut siswa berprestasi sang guru tdk dpt ikut lomba guru yg
berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan
siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?
Trims..Andy -Beltim, kep.babel
J8
Baik pertanyaan dari saudara Andy -Beltim,
kep.babel bagaimana seorang guru yang mampu menjadikan siswanya berprestasi
namun dia sendiri tidak dapat ikut prestasi namun juga ada tipe guru yang
berprestasi tapi tidak mampu menjadikan siswanya berprestasi sebenarnya ini
adalah mmm pola manajemen saja guru yang berprestasi itu bagus tapi kenapa dia
menyatakan siswa investasi bisa jadi dia mampu memahami keilmuannya namun belum
mampu menyampaikan pembelajaran secara baik dan menyenangkan untuk siswa
siswinya sehingga dia menyukai pelajaran yang disampaikan namun cara
menyampaikannya tidak menyenangkan akhirnya murid tidak berprestasi yang
pertama guru mampu menciptakan anak berprestasi namun dia tidak sempat ikut
lomba berprestasi ini manajemen waktu saja dia harus tahu semua ada aturannya
walaupun dia berprestasi tapi kalau tidakprasyarat guru berprestasi ya jelas
tidak bisa nah itu ikut aja persyaratan syaratnya insyaallah dia pun suatu hari
nabi mampu menjadi guru berprestasi yang menciptakan anak murid yang
berprestasi seperti itu.
P9
Ass pa Aris, bagaimana menjadi guru
motivator belajar bagi anak yang malas
belajar sering masa bidoh dan suka mengganggu teman waktu belajar dan gaduh, simon
Anunu Kupang NTT S.
J9
Oke dari pak simon anune kupang ini
sebenarnya sudah dijelaskan di atas. Anak yang
malas belajar masa bodoh dan suka mengganggu temen biasanya karena dia tertarik
dengan pelajarannya atau memang dia kurang tepat dengan jurusan yang dia pilih. Bisa jadi kalau memang SMA harusnya dia masuk ke jurusan sosial tapi masuk
jurusan ipa misalnya gitu tapi kalau emang di smp atau sd mungkin karena kurang
atau belum menemukan cara belajar yang baik dan bener. Karena ada orang auditory
ada orang kristentik ada orang visual.
Guru juga harus mampu memahami bagaimana mengenali anak auditori sehingga dia harus berada di depan sehingga terdengar. Anak visual juga juga harus di depan sehingga dia bisa melihat dengan jelas tapi kalau anak kienestetik harus di belakang kenapa biar tidak mengganggu temen temannya yang ada di depan. Jadi pada dasarnya anak yang malas belajar atau masa bodoh itu pada dasarnya karena dia belum menemukan cara yang tepat bagaimana belajar atau dia disamaratakan dengan temen- temannya yang sudah menemukan pola belajar yang baik dan bener.
Mudah mudahan guru guru yang hadir di sini bisa belajar banyak dengan banyak belajar.
Guru juga harus mampu memahami bagaimana mengenali anak auditori sehingga dia harus berada di depan sehingga terdengar. Anak visual juga juga harus di depan sehingga dia bisa melihat dengan jelas tapi kalau anak kienestetik harus di belakang kenapa biar tidak mengganggu temen temannya yang ada di depan. Jadi pada dasarnya anak yang malas belajar atau masa bodoh itu pada dasarnya karena dia belum menemukan cara yang tepat bagaimana belajar atau dia disamaratakan dengan temen- temannya yang sudah menemukan pola belajar yang baik dan bener.
Mudah mudahan guru guru yang hadir di sini bisa belajar banyak dengan banyak belajar.
Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas, seorang Guru akan mendapatkan Cinta dari Anak
Didiknya
5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan
Praktekkan....
Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa
Sentuhan Cinta.
1. https://youtu.be/UAZ02bxlzyM Bahasa cinta APRESIASI.
2. https://youtu.be/39raqyvipcE
Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
3. https://youtu.be/AdXLTi1-pPs
Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
4. https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ
Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
5. https://youtu.be/xVBnh4TsPgw
Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
SILAHKAN KLIK, SUBSCRIBE DAN SHARE
Mr Sugesti Indonesia
Guru hebat yang luar biasa anda adalah
manusia surga yang dititipkan oleh Allah di bumi ini sehingga peran seorang
guru untuk menjadi guru idola guru favorit guru menarik dan menyenangkan adalah
peran yang sangat sangat penting apapun pelajaran yang anda bawa maka murid
anda akan melihat siape yang membawanya yaitu anda karenanya selamat menjadi
seorang guru yang dicintai menjadi seorang guru yang dirindukan menjadi seorang
guru yang menginspirasi dan menjadi orang guru yang menjadi bagian dari sejarah
menjadi history bagi murid murid anda dan bukan sekedar menjadi seorang guru
yang hanya menjadi story ataupun cerita selamat berjuang selamat menjadi bagian
hebat dari kehidupan yang hebat atas masa depan murid murid anda sehat
Mr. Sugesti indonesia asalamualaikum
warahmatullah wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar