Selasa, 14 April 2020

Meluruskan Niat Menerbitkan Buku

Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 2 : Sabtu, 11 April  2020
Waktu : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri : Wijaya Kusumah
Topik : Meluruskan Niat Menerbitkan Buku
Peresume : Safitri Yuhdiyanti, S.Pd. AUD (safitriyuhdiyanti@gmail.com/Safitriy.blogspot.com)

Meluruskan Niat Menerbitkan Buku 


Ya Allah ... Tambahkanlah kepada kami ilmu yang bermanfaat dan 
Berikanlah kepada kami pemahaman yang benar


Assalamu`alaikum wr wb..selamat malam semua

Sekarang kita memasuki pertemuan ke dua dalam pelatihan menulis on line..Ada yang saya rasakan beda saat bergabung di grup ini.  Ibarat pisau terus diasah oleh empunya sehingga menjadikan si mata pisau begitu tajam saat dipakai.  Para pengampu dalam grup diskusi tidak kita sangsikan lagi keahliannya di bidang menulis.  Seolah tiada waktu yang tidak mau ketinggalan untuk selalu mengetahui perkembangan, percakapan dan ilmu  dari para nara sumber di grup Whatsapp.



Malam ini adalah kuliah ke dua kita bersama Bapak Wijaya Kusumah dan biasa dipanggil nama Om Jay, beliau adalah narasumber nasional dan sudah sering keliling Indonesia untuk berbagi ilmunya.

Siapakah sosok Om Jay ?
Beliau memiliki nama lengkap  WIJAYA KUSUMAH. Terlahir di Jakarta, 28 Oktober 1970. Mengambil pendidikan S1-Elektro IKIP Jakarta 1990, S2-Teknologi Pendidikan UNJ 2007 dan  S3 – Teknologi Pendidikan 2009
Segudang prestasi yang Om Jay raih diantaranya JUARA I LKT Imtak (2005), PEMENANG I BUKU PUSBUK (2009), JUARA I BLOG PUSAT BAHASA (2009), PEMAKALAH SIMPOSIUM (2010/2011), JUARA II GURARU ACER AWARD (2011)
Aktivitas Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK,dan masih banyak lagi.

Nah malam ini, Sabtu, 11 April 2020, kembali Om Jay mengingatkan  agar kita kembali meluruskan niat  untuk menulis hingga dapat diterbitkan menjadi sebuah buku. Sebuah motivasi awal  yang Om Jay sampaikan sebelum menyampaikan materi. Selama ada kemauan di situlah ada jalan dan bukan hanya sertifikat 40 jam yang kita kejar tapi semua peserta dapat menerbitkan buku berISBN. 

Ada beberapa peserta yang menanyakan materi dan dijawab oleh beliau bahwa semua intruksi sebenarnya sudah ada di blog omjaylabs.wordpress.com dan kita tinggal membaca saja kemana arahnya. Kebanyakan peserta kurang blog walking yang berakibat tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Dengan kita sering menulis di blog maka akan kita temukan keajaiban di sana.  Banyak keberuntungan yang akan kita peroleh.  Rajin-rajinlah berkunjung ke blog orang lain agar kita tidak kehabisan ide dalam menulis. 

Bagi penulis pemula tentunya akan merasa gagap saat mau mengawali merangkum materi.  Solusinya adalah supaya kita saling membaca dan memuat memuat tulisan para peserta di grup ini ke dalam blognya.  Hal ini diperboleh asalkan tetap mencantumkan sumbernya.  Sebagai seorang bloger tentunya ada sesuatu yang tidak menyenangkan yaitu di saat tulisan kita diambil orang lain tanpa mencantumkan nama kita.  

Pesan Om Jay supaya terus saja menulis.  Mulailah menulis yang ringan-ringan saja. Berawal dari 3 alinea.  Alinea pembuka yangn memikat hati pembaca.  Alinea isi yang terurai sistematis dan alinea penutup yang membuat orang lain tercerahkan.

Om Jay bisa menjadi bloger karena sering menulis. Negara kita adalah negara kepulauan. Menulis di blog adalah cara untuk berbagi ilmu dan pengalaman.  Dituliskan Om Jay di catatah harian seorang Bloger bahwa akan banyak keajaiban yang anda temui ketika anda rajin menulis di blog dan membagikan pengalaman kepada banyak orang.  Hal itu dialami Om Jay setelah berkeliling Indonesia.  Di dalam kesulitan pasti ada kemudahan.  Supaya kita stabil dalam menulis maka disarankan supaya menulislah dari hatimu agar engkau dapat bertemu pembaca setiamu blog yang kita kelola.

Apabila kita sudah memiliki ketakutan mampu mengikuti atau tidak untuk menulis dengan alasan pertama waktu yang dimiliki hanya sedikit, dan kedua belum mempunyai bloger serta belum tahu banyak tentang bloger dan pembuatannya. Sehingga berdampak tidak mampu menyimak  semua materi. Om Jay memberikan arahan bahwa kita diberikan waktu yang sama dan disinilah kepandaian kita diuji dalam mengelola waktu. Bila ada kesulitan dalam membuat blog di blogger.com, maka bisa bantuan kepada Pak Brian. Beliau adalah penulis buku blog yang bukunya best seller.

Dalam membuat buku tentunya ada biaya pengeluaran. Tetapi  kalau buku kita diterima penerbit mayor, maka kita tidak akan mengeluarkan  uang sama sekali.  Untuk memudahkan bimbingan maka  diusahakan semua  tulisan yang kita publikasikan di blog, wajib dikirimkan ke Om Jay di email omjaylabs@gmail.com dan diposting di blog semua resume kuliah ini.

Untuk membuat buku itu minimal  ada beberapa referensi buku yang dibuat  sebagai daftar pustaka.  Boleh hanya menggunakan link atau website saja asalkan bukan untuk buku  ajar  dan lolos dari kriteria penerbit buku. Tapi kalau buku ajar wajib membuat daftar pustaka.
Misalnya  buku yang ingin diterbitkan tentang  amaliyah Ramadhan anak usia dini. Tentunya membutuhkan gambar dan warna.  Jika diserahkan kepada penerbit mayor akan ada editor dan ilustrator yang membuat buku kita semakin keren dan enak dibaca.  Kalau ingin diterbitkan, buku sudah jadi draft naskahnya lengkap dengan daftar isi dan kata pengantar .  Selain itu, kita mampu meyakinkan penerbit bahwa buku yang ditulis akan banyak dibeli orang. Kalau isi buku menarik dan ada peluang laku maka penerbit akan menghubungi kita. Rata rata 3 bulan waktunya. Jadi tidak bisa cepat. Kecuali akan diterbitkan dengan biaya sendiri di penerbit indie. 

Harapan kita membuat resume adalah agar ilmu yang didapat tidak akan lupa.  Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya kembali sesuai dengan gaya menulis masing-masing.  Tak hentinya Om Jay mengingatkan supaya semua materi dibaca oleh peserta dan dalam menulis agar dapat meluruskan niat menerbitkan bukunya.

Apabila suatu blog  belum berdomain, itu artinya hanya orang yang diberi alamat blog tersebut yang bisa membuka blog yang dimaksud.  Solusi agar semua orang bisa membaca blog kita adalah dengan kita mengirimkan alamat blognya ke semua media sosial.  Misalnya http://omjaylabs.blogspot.com dapat dikirimkan ke semua media sosial yang diikuti.

Demikianlah pemaparan materi ke dua kali ini.  Dinukil dari salah satu tulisan Om Jay “Setiap orang memiliki keunikannya masing-masing.  Jadilah dirimu sendiri dan tuliskan apa yang ada di alam pikiranmu untuk berbagi ilmu kepada sesama “.


https://setyowatieni.blogspot.com/2020/04/mantapkan-niat-untuk-menerbitkan-buku.html?m=1
https://omjaylabs.wordpress.com/2020/04/12/semua-orang-bisa-menjadi-penulis-buku-best-seller/


2 komentar:

Penyaluran Sedekah Air Bersih

  Penyaluran Sedekah Air Bersih Selasa, 19 September 2023 PD Salimah Purbalingga bersama Laziz Jateng bekerja sama menyelenggarakan kegiatan...