Rabu, 15 April 2020

Ayo Menulis Artikel di Majalah Suara Guru PGRI

Belajar Menulis Gelombang 9 Kuliah ke 5
Peresume Safitri Yuhdiyanti


AYO MENULIS ARTIKEL DI MAJALAH SUARA GURU PGRI


Assalamu alaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat malam semuanya.
Malam ini kita akan mendapatkan materi tentang menulis artikel di Majalah Suara Guru PB
PGRI yang akan disampaikan oleh Bapak Doktor Jejen Musfah, M.A ,beliau adalah pemimpin redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI yang majalahnya terdistribusi ke seluruh Indonesia.



Tempat/ Tgl Lahir       : Serang, 02 Juni 1977
NIP                             : 19770602 200501 1 004
NIDN                          :  2002 067701
Jab. Fungsional         :   Lektor Kepala
Golongan                   :   IV/a
HP                              :  0812-2238-0111
Email                          :  jejen@uinjkt.ac.id
Web                            :  jejen.lec.uinjkt.ac.id

Profil

1.   Dosen dan Ketua Program magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Jakarta
2.   Penulis Buku,
3.   Penulis Opini Pendidikan,
4.   Pemimpin Redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI
5.   Sekretaris Departemen Pembinaan Mental dan Spiritual Pengurus Besar PGRI,
6.   Tim Ahli Perubahan RUU Guru dan Dosen DPD RI 2018

Demikianlah profil nara sumber malam hari ini. Bapak Jejen Musfah menyampaikan materi dengan moderator Om Jay. Sebagai pengantar materi disampaikan bahwa opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta yang terjadi. Artinya opini tidak akan kehilangan topik. Kebijakan dan fakta pendidikan selalu hadir. Tapi tidak semua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi.Guru adalah praktisi.


Majalah yang setua PGRI berdiri sudah puluhan tahun. Tulisan bisa dimuat di online dan offline. Majalah ini sudah mencetak 5000 eksemplar dan diibagikan ke hampir 34 provinsi se Indonesia.

Syarat yang harus kita penuhi untuk supaya kita bisa mengirimkan artikel ke redaksi majalah guru sebagai berikut :
  • Menyebutkan status dan foto
  • Diutamakan bidang pendidikan dan isu-isu yang hangat
  • Tulisan berupa Opini. Resensi. Sastra. Destinasi. Dll
  • Pengiriman naskah ke Majalah Suara Guru PB PGRI email : majalah.suaraguru@gmail.com
  • Opini tidak ada batasan dalam berpendapat dan tidak mengandung SARA dan untuk sastra bisa berupa karya sastra atau teori dari karya sastra.
  • Mengirim artikel ke Suara guru PGRI  tidak dikenakan biaya.
  • Tidak ada tatacara atau aturan khusus tentang tulisan (ukuran dan jenis huruf,  pengaturan halaman dll) agar tulisan bisa diterbitkan.
  • Opini maksimal 1000 kata
  • Untuk karya sastra seperti cerpen atau puisi diutamakan bertema kependidikan. Bisa berupa rubrik puisi atau cerpenting(cerita pendek tidak penting/cerita pendek humor)

Beliau menyampaikan ,sampai saat ini jujur saja masih kekurangan naskah berkualitas. Jadi naskah yang dikirim cenderung diterima. Tentu saja setelah melalui proses editing redaktur. Selain itu, minim juga naskah yang masuk. Dengan terbitnya majalah PGRI suara guru di seluruh Indonesia belum bisa terwakili karena terlalu luas. Tetapi kebijakan nasional sudah tercover. Maka penting diperhatikan supaya kita mengirimkan kegiatan dan info ke Majalah Suara Guru PGRI supaya tahu kegiatan kita.

Yang perlu diingat adalah :

  1. Menulis dan mengirimkan tulisan di majalah suara guru PB PGRI tidak ada honornya. Sempat ada honor. Jika keuangan memadai ke depan akan dibayar
  2. Satu orang boleh mengirimkan beberapa artikel ke majalah PGRI walaupun tulisan yang lain sudah dimuat secara online di website PGRI,
  3. Tema tulisan yang paling disukai untuk dimuat di majalah PGRI tentang pendidikan mutakhir
  4. Artikel yang sudah dimuat baik secara online di website PGRI dan di majalah PGRI tidak boleh dikirimkan ke media cetak lain.
  5. Karena cenderung kekurangan naskah sehingga tidak ada jadwal entri terhadap jenis artikel yang akan dicetak di Majalah PGRI.
  6. Hasil penelitian pendidikan tidak bisa dimuat di suara guru atau majalah PGRI. Tapi bisa ke jurnal pgri. Untuk artikel yang sudah dimuat di suara guru online, dapat dimuat juga di majalah cetak.
Bagaimana persyaratan sebuah artikel agar dapat dinilai dalam Dupak Guru untuk kenaikan pangkat? Ini benar guru cukup susah naik pangkat.Kalau opini masuk pengabdian dan artikel ilmiah masuk di jurnal Ilmiah. Kalau sudah masuk jurnal pasti dinilai, tinggal level jurnalnya .. sinta 1 . 2. 3 atau 4.Riset = kti.
Untuk penilaian angka kredit, naskah yang dimuat bisa dibuatkan surat bukti terbit dari Suara Guru. Bagi yang membutuhkan lampiran artikelnya, majalah bisa dikirim ke penulis.

Artikel itu bisa dikatakan bagus atau tidak maka kita bisa membaca opini-opini di surat kabar nasional. Intinya gagasan orisinil dan bukan plagiat
Pengalaman atau kiat -kiat agar kita mau dan mampu membuat artikel, adalah :
Tuliskan jangan takut buruk
Baca-baca opini di koran nasional atau detik.com
Penulis yg baik = pembaca yang baik

Dengan terbitnya majalah PGRI suara guru di seluruh Indonesia belum bisa terwakili karena terlalu luas. Tetapi kebijakan nasional sudah tercover. Maka penting diperhatikan supaya kita mengirimkan kegiatan dan info ke Majalah Suara Guru PGRI supaya tahu kegiatan kita.

Majalah Suara Guru PGRI memiliki pengalaman sedih karena tidak bisa membayar penulis. Pengalaman istimewa selama menjadi redaksi, banyak. Kebersamaan dalam kesederhanaan atau kekurangan


3 komentar:

Penyaluran Sedekah Air Bersih

  Penyaluran Sedekah Air Bersih Selasa, 19 September 2023 PD Salimah Purbalingga bersama Laziz Jateng bekerja sama menyelenggarakan kegiatan...